PENGARUH AKUNTABILITAS, TRASPARANSI DAN KUALITAS LAYANAN LEMBAGA ZAKAT TERHADAP KEPERCAYAAN MUZAKKI DALAM PEMBAYARAN ZAKAT. ( Studi Pada BAZNAS Kabupaten Lampung Tengah)

Rian Rizqy, Ramadhan (2021) PENGARUH AKUNTABILITAS, TRASPARANSI DAN KUALITAS LAYANAN LEMBAGA ZAKAT TERHADAP KEPERCAYAAN MUZAKKI DALAM PEMBAYARAN ZAKAT. ( Studi Pada BAZNAS Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Zakat dapat dijadikan sebagai bukti nyata kepedulian umat islam terhadap golongan miskin dan kurang mampu, seorang muslim yang memiliki kemapuan ekonomi berlebih memiliki kewajiban untuk meyisihkan sebagian hartanya untuk dibagikan kepada kelompok masyarakat yang berhak menerimanya (mustahiq). Teori pada penelitian ini menggunakan terori legistimasi, teori agensi, zakat, akuntabilitas, trasparansi, kualittas layanan Jenis dan sumber data dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan data primer dan sekunder dimana data primer mengunakan metode pengambilan data menggunakan metode kuesioner yang disebar di lingkup BAZNAS Kabupaten Lampung Tengah.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Variabel Akuntabilitas (X1) menunjukan hasil uji hipotesis bahwa Akuntabilitas tidak berpengaruh terhadap kepercayaan muzakki, hal ini menunjukan adanya kemungkinan yang mengakibatkan Akuntabilitas tidak berpengaruVariabel Trasparansi (X2) Hasil penelitian ini mendukung hipotesis kedua yang menyatakan bahwa trasparansi berpengaruh posistif dan signifikan terhadap kepercayaan muzakki di BAZNAS Kabupaten Lampung Tengah, Hal ini menujukan bahwa semakin baik Trasparansi makasemakin baik juga kepercayaan muzakki dalam membayar zakat pada lembaga zakat. Variabel Kualitas Layanan (X3) Hasil penelitian ini mendukung hipotesis ketiga yang menyatakan bahwa Kualitas Layanan berpengaruh posistif dan signifikan terhadap kepercayaan muzakki di BAZNAS Kabupaten Lampung Tengah Hal ini menujukan bahwa semakin baik Kualitas Layanan maka semakin baik juga kepercayaan muzakki dalam membayar zakat pada lembaga zakat. Akuntabilitas, Trasparansi, dan Kualitas Layanan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan muzakki dalam membayar zakat. Besar pengaruh Akuntabilitas, Trasparansi dan Kualitas Layanan secara simultan terhadap Kepercayaan Muzakki di BAZNAS Kabupaten Lampung Tengah. Kata kunci :zakat, Akuntabilitas, Trasparansi, Kualitas Layanan, kepercayaan muzakki

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Nov 2021 03:32
Last Modified: 15 Nov 2021 03:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16387

Actions (login required)

View Item View Item