KERJA SAMA EKONOMI INDONESIA-THAILAND DALAM PERDAGANGAN PRODUK HALAL DI PASAR ASEAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI

ALAN, ISKANDAR (2021) KERJA SAMA EKONOMI INDONESIA-THAILAND DALAM PERDAGANGAN PRODUK HALAL DI PASAR ASEAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) Forum merupakan momen strategis membangun aliansi antara 3 negara dalam rangka memperkuat kerjasama pembangunan layanan produk halal di wilayah ASEAN. Kawasan Industri Halal diharapkan mampu menciptakan produk-produk yang bisa bersaing dengan produk luar nantinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak bentuk kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Thailand dalam perdagangan dan pengembangan pasar produk halal di kawasan Asean, dan untuk mengetahui Pandangan Ekonomi Islam mengenai bentuk kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Thailand dalam perdagangan dan pengembangan pasar produk halal di kawasan Asean. Adapun penelitian yang akan dilaksanakan ini merupakan penelitian yang sifatnya deskriptif kualitatif. Dalam penulisan penelitian ini data yang di gunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini adalah, bentuk kerja sama Indonesia dan Thailand dalam pemasaran produk halal ditujukan untuk memenuhi kebutuhan permintaan produk halal di Indonesia dan Thailand. Adanya kepentingan nasional memberikan gambaran bahwa terdapat aspek-aspek yang menjadi identitas dari negara. Hal tersebut dapat dilihat dari sejauh mana fokus negara dalam memenuhi target pencapaian demi kelangsungan bangsanya. Bentuk kerja sama ini ditandai dengan kemudahan perizinan masuknya produk ke masing�masing negara, serta sosialisasi pengenalan produk halal yang dihasilkan dengan memanfaatkan kerja sama dengan kementerian dari masing-masing negara, seperti kementerian perdagangan, maupun kementerian luar negeri. Menurut pandangan ekonomi Islam, pengembangan produk halal juga memiliki dampak yang baik tidak hanya bagi kemajuan ekonomi Indonesia, tetapi juga berdampak baik pada kesehatan serta ketenangan hati masyarakat muslim di Indonesia. Adanya produk halal dapat menghilangkan kecemasan akan konsumsi pada suatu produk, dikarenakan setiap umat muslim diwajibkan untuk menghindari segala sesuatu yang bersifat haram. Kata Kunci : Kerja Sama, Perdagangan, Produk Halal, ASEAN

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Nov 2021 03:14
Last Modified: 15 Nov 2021 03:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16383

Actions (login required)

View Item View Item