ANALISIS PENGARUH, TINGKAT PENDAPATAN, , PENGETAHUAN ZAKAT, TINGKAT KEPERCAYAAN KEPADA BAZNAS, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT PEMBAYARAN ZAKAT PROFESI PARA KARYAWAN MENURUT PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDY PADA KARYAWAN RUMAH SAKIT URIP SUMOHARJO)

GAGAS PRABOWO, WAHYU WITJAKSONO (2021) ANALISIS PENGARUH, TINGKAT PENDAPATAN, , PENGETAHUAN ZAKAT, TINGKAT KEPERCAYAAN KEPADA BAZNAS, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT PEMBAYARAN ZAKAT PROFESI PARA KARYAWAN MENURUT PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDY PADA KARYAWAN RUMAH SAKIT URIP SUMOHARJO). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)
[thumbnail of Draft Skripsi Gagas Fix Sebar.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Analisis Pengaruh, Tingkat Pendapatan, Religiusitas, Pengetahuan Zakat, Dan Tingkat Kepercayaan Kepada Baznas Terhadap Minat Pembayaran Zakat Profesi Para Karyawan Menurut Prespektif Ekonomi Islam (Study Pada Karyawan Rumah Sakit Urip Sumoharjo) Oleh: Gagas Prabowo Wahyu Wicaksono Berdasarkan sensus BPS, di tahun 2016 kota ini memiliki populasi penduduk sebanyak 1.251.642 jiwa. Dari total penduduk 1.251.642 jiwa, Islam adalah agama mayoritas yang dianut sekitar 92,63% masyarakat Kota Bandar Lampung. Berdasarkan data BAZNAS potensi zakat mencapai 1,8 T pertahun sedangkan jumlah zakat yang mampu dihimpun oleh BAZNAS hanya mencapai 1,15 M . Artinya, dibandingkan dengan potensi yang besar pengumpulan zakat masih belum optimal. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah tingkat pendapatan, pengetahuan zakat, kepercayaan dan religiusitas berpengaruh Positif dan signifikan terhadap minat karyawan membayar zakat profesi. Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) data primer dari kuisioner dan data sekunder dari dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah Karyawan RS Urip Sumoharjo yang memiliki kriteria sebagai muzzaki zakat. Total dari populasi adalah 1.578 orang dan penentuan sampel dengan metode slovin yaitu 100 sampel. Dalam penelitian ini penulis mengunakan penelitan kuantitatif dan dianalisis dengan SPSS 20. Berdasarkan data yang dihasilkan dari penelitian menunjukkan bahwa variabel memiliki beta yang paling tinggi yaitu sebesar 8,58 Artinya variabel Y (minat) lebih banyak dipengaruhi oleh variabel X1 (tingkat pendapatan) dibandingkan dengan variabel-variabel lainnya. Koefisien yang dimiliki oleh variabel X1 memiliki nilai yang paling besar, hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kualitas yang dihasilkan Dari variabel pendapatan maka semakin baik ketaatan membayar zakat. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, hal ini berarti variabel-variabel berpengaruh signifikan dalam meningkatkan ketaatan dan hipotesis ini diterima sesuai dengan hasil penelitian. Kata kunci : pendapatan, pengetahuan zakat, kepercayaan, religiusitas, zakat dan minat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Nov 2021 04:05
Last Modified: 12 Nov 2021 04:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16379

Actions (login required)

View Item View Item