PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG

RIZKY, NOPITA SARI (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU MEDIA TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_Rizky Nopita Sari_1511100268.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantu media tiga dimensi untuk meningkatkna hasil belajar matematika pada materi bangun ruang kelas V di SD Al-azhar 2 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas Va SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung yang berjumlah 32 peserta didik terdiri dari 17 peserta didik laki-laki dan 15 peserta didik perempuan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan data kuantitatif.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria keberhasilan nilai hasil belajar matematika pada materi bangun ruang peserta didik sudah mencapai KKM yaitu 70, lebih dari 87,5 % peserta didik mencapai nilai KKM. Peningkatan hasil belajar pada siklus I ke siklus II persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik meningkat sebesar 13,6 % dan pada siklus II ke siklus III persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 14,6 %. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantu media tiga dimensi dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi bangun ruang peserta didik kelas V SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung. Kata Kunci: Discovery Learning, dan Media Tiga Dimensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Nov 2021 03:37
Last Modified: 12 Nov 2021 03:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16375

Actions (login required)

View Item View Item