ANALISA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG

RIZKIA, PANGESTIKA (2021) ANALISA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SD AL-AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Proses pendidikan yang awalnya dilaksanakan secara tatap muka sekarang beralih dengan pembelajaran jarak jauh atau biasa disebut juga dengan pembelajaran daring/online. Hal ini bertujuan untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Adapun pelaksanaan pembelajaran daring bisa melalui berbagai vitur aplikasi seperti WhatsApp Group, Zoom Meeting, Google Classroom, dan aplikasi lainnya. Yang menarik dalam pelaksanaan pembelajaran daring ini adalah peserta didik yang biasanya belajar bersama teman dalam sebuah ruangan kelas kini harus belajar dan memahami materi sendiri. Selain itu ketika dirumah, peserta didik cederung malas untuk belajar dikarenakan merasa bosan sehingga mengakibatkan peserta didik menjadi tidak mandiri pula dalam mengerjakan tugas-tugasnya. Hal inilah yang menjadi tantangan baru bagi para guru di dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran daring terhadap motivasi belajar dan kemandirian belajar peserta didik di SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif serta jenis penelitiannya bersifat deskriptif kualitatif, sebab dalam penelitian ini mengamati proses pembelajaran daring terhadap motivasi belajar dan kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian analisa pembelajaran daring terhadap motivasi belajar dan kemandirian belajar peserta didik kelas V di SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung menunjukan bahwa dengan adanya pembelajaran daring motivasi belajar peserta didik masih rendah sehingga mengakibatkan kurangnya kemandirian belajar peserta didik dimasa pandemi ini. Walaupun pendidik telah melakukan berbagai cara untuk dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemandirian belajar peserta didik selama pembelajaran daring, namun belum mendapatkan hasil yang diharapkan. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar iiiABSTRACT The educational process which was initially carried out face-to- face has now shifted to distance learning or also known as online learning. This is intended to break the chain of spread of the Covid-19 virus. The implementation of online learning can be done through various application features such as WhatsApp Group, Zoom Meeting, Google Classroom, and other applications. What is interesting in the implementation of online learning is that students who usually study with friends in a classroom now have to learn and understand the material on their own. In addition, when at home, students tend to be lazy to study because they feel bored, resulting in students being not independent in doing their tasks. This is a new challenge for teachers in the world of education. This study aims to describe the implementation of online learning on learning motivation and learning independence of students at SD Al-Azhar 2 Bandar Lampung. This study uses a qualitative approach and the type of research is descriptive qualitative, because in this study observing the process of online learning on learning motivation and learning independence of students. This study uses data collection techniques using observation, interviews, documentation, and questionnaires. The results of the research on the analysis of online learning on the learning motivation and learning independence of fifth grade students at Al-Azhar 2 Elementary School Bandar Lampung showed that with online learning, students' learning motivation was still low, resulting in a lack of student learning independence during this pandemic. Although educators have done various ways to increase students' learning motivation and learning independence during online learning, they have not gotten the expected results. Keywords: Online Learning, Learning Motivation, and Independent Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Nov 2021 02:55
Last Modified: 11 Nov 2021 02:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16342

Actions (login required)

View Item View Item