ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAMI TERHADAP PERILAKU PEDAGANG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Pedagang Hasil Bumi di Pasar Koga Bandar Lampung)

khirjudin, aqlis (2021) ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAMI TERHADAP PERILAKU PEDAGANG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Pedagang Hasil Bumi di Pasar Koga Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan bisnis yang saat ini begitu tinggi, yang mana para pelaku bisnis tentu akan melakukan bermacam cara untuk mendapat keuntungan bahkan terkadang para pelaku bisnis pun tidak memeperdulikan etika dalam menjalankan bisnisnya. Biasanya hal ini rawan terjadi pada pedagang yang ada di pasar tradisional dalam melakukan perdagangangnya seperti contoh, banyak ditemukan para pedagang yang mengabaikan etika dalam menjalankan bisnisnya sehingga melakuka penyimpangan dalam memperoleh keuntungan ketika melakukan perdagangan dengan merubah takaran, mengoplos barang kualitas baik dengan buruk. Penelitian ini dilakukan pada salah satu pasar tradisional di Bandar Lampung yakni dipasar Koga Bandar Lampung. Rumusan masalah yang di angkat dalam penelitian ini ialah, 1) Bagaimana pemahaman etika bisnis islami pedagang di pasar Koga Bandar Lampung?, 2) Bagaiamna penerapan etika bisnis islami pada pedagang hasil bumi di pasar Koga Bandar Lampung dalam perspektif ekonomi Islam?. Kemudian tujuan dari penelitian ini ialah, 1) Untuk mengetahui penerapan etika bisnis islami oleh pedagang muslim di pasar Koga Bandar Lampung, 2) Untuk mengetahui penerapan etika bisnis islami terhadap perilaku pedagang muslim dipasar Koga Bandar Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan mengungkap gejala atau fenomena secara holistik-kontekstual melalui pengumpulan data dari latar alami sebagai sumber langsung lewat keterlibatan peneliti sebagai instrumen kunci. Sampel dalam penelitian ini adalah 27 responden. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pemahaman etika bisnis islami pada pedagang, bahwa Pedagang hasil bumi dipasar Koga Bandar Lampung memiliki pemahaman yang cukup baik atas pengetahuannya terhadap etika bisnis islami, yang cara berdagang etika bisnis islami pedagang ketahui ialah cara berdagang yang dilakukan dengan mengikuti apa yang diperintahkan dalam Al�Qur’an dan diajarkan oleh Rasulullah Muhammad SAW. Kemudian penerapan etika bisnis yang dilakukan pedagang, pedagang hasil bumi dipasar Koga Bandar Lampung telah mampu menerapkan etika bisnis islami dalam melakukan perdagangannya. Meskipun demikian ada juga beberapa pedagang yang belum sepenuhnya menerapakan etika bisnis islami, jika dilihat dari 5 prinsip etika bisnis dalam perspektif ekonomi Islam, karena masih didapatkannya perilaku pedagang hasil bumi dipasar Koga Bandar Lampung tidak menjalankan shalat secara 5 waktu, tidak jujur dalam menjelaskan kualitas dagangan, merubah takaran timbangan. Kata kunci : Etika Bisnis Islam, Perilaku Bisnis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Nov 2021 02:48
Last Modified: 11 Nov 2021 02:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16341

Actions (login required)

View Item View Item