ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI ZAKAT DAN INFAQ/SEDEKAH PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT (Studi Kasus Pada Lembaga Amil Zakat Daarut Tauhid Peduli Bandar Lampung)

M. Ihda, Khoiril Faizin (2021) ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI ZAKAT DAN INFAQ/SEDEKAH PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT (Studi Kasus Pada Lembaga Amil Zakat Daarut Tauhid Peduli Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia merupakan salah satu Negara penduduk muslim terbesar di dunia. Tentu saja potensi zakat yang ada di Indonesia sangat besar. Potensi zakat di Indonesia tahun 2019 mencapai lebih dari 233 T. Tentunya dalam mengumpulkan dana zakat ini membutuhkan suatu lembaga atau organisasi yang mampu untuk menjadi tempat penerimaan dan penyaluran dana zakat. Lembaga yang boleh melakukan kegiatan tersebut harus memiliki legalitas formal dan berbadan hukum. Sebagai lembaga penghimpun dana, wajib melaporkan pengelolaan zakat tersebut kepada BAZNAS kota, provinsi dan pusat. PSAK 109 ini diharapkan dapat terwujudnya keseragaman pelaporan, dan kesederhanaan pencatatan. PSAK No. 109 juga bertujuan agar memastikan bahwa organisasi Pengelolaan zakat telah memakai prinsip-prinsip syariah, dan untuk mengatur pengakuan, pengukuran, penyajian dan pengungkapan transaksi zakat, infaq/sedekah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan akuntansi zakat pada LAZIS Daarut Tauhid Peduli Bandar Lampung dan untuk mengetahui kesesuaiannya dalam penerapan akuntansi zakat bersadarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 109. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitataif dengan pendekatan deskriptif komparatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian kali ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan deskriptif komparatif. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa LAZIS Daarut Tauhid Peduli Bandar Lampung dalam pengakuan awal, pengukuran dan penyajian sudah sesuai dengan PSAK No. 109, sedangkan dalam pengungkapannya LAZIS Daarut Tauhid Peduli Bandar Lampung belum sesuai dengan PSAK No. 109. Namun dalam hal pencatatan laporan keuangan LAZIS Daarut Tauhid Peduli Bandar Lampung sudah membuat Laporan Posisi Keuangan, Laporan Perubahan Dana, Laporan Perubahan Asset Kelolaan, Laporan Arus Kas Serta Catatan Atas Laporan Keuangan. Kata kunci : Zakat Infaq/Sedekah, PSAK No. 109, Laporan Keuangan LAZIS Daarut Tauhid Peduli Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Nov 2021 02:28
Last Modified: 11 Nov 2021 02:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16337

Actions (login required)

View Item View Item