PENGARUH BETA, MARKET TO BOOK VALUE DAN SIZE PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM (Studi pada Perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2016-2019)

WINDI, NURMALA SARI (2021) PENGARUH BETA, MARKET TO BOOK VALUE DAN SIZE PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM (Studi pada Perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2016-2019). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pasar modal merupakan tempat atau wadah yang digunakan untuk melakukan transaksi jual atau beli efek serta menjadi sarana yang efektif dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi. Pasar modal juga sebagai sarana yang digunakan masyarakat untuk melakukan investasi jangka panjang sehingga dana investasi masyarakat dapat disalurkan kesektor-sektor produktif. Para investor dalam melakukan investasi akan mempertimbangkan dua hal utama, yaitu hasil yang diharapkan (expected return) dan risiko investasi. Investor yang rasional akan selalu berusaha untuk memeproleh invormasi dan melakukan berbagai analisis untuk mengurangi ketidakpastian dalam investasinya atau untuk mengurangi risiko yang ada. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaru beta, market to book value dan size perusahaan terhadap return saham. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode 2016-2019. Total sampel yang digunakan adalah 15 perusahaan yang konsisten terdaftar di Jakarta Islamic Index selama 4 tahun penelitian dengan total 60 data. 15 perusahaan yang ditentukan melalui metode purposive sampling. Dengan menggunakan program IMB SPSS Statistics 25. Metode pengujian hipotesis menggunakan uji t, uji F, dan koefisien determinasi serta analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan beta signifikan terhadap return saham. Market to book value berpengaruh signifikan terhadap return saham. Dan size perusahaan berpengaruh signifikan terhadap return saham. Secara simultan beta, market to book value dan size perusahaan berpengaruh terhadap return saham. Konsep pendapatan atau return dalam Islam menganjurkan kepada umatnya untuk tidak saling memakan harta sesama dengan jalan batil yang tidak dibenarkan oleh syariat Islam. Diperbolehkan melakukan investasi terhadap harta orang lain dengan asas saling ridha dan saling ikhlas. Dan dalam melakukan investasi harus memikirkan orang lain disamping memikirkan keuntungan diri sendiri. Kata kunci: beta, market to book value, size perusahaan, return saham

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Nov 2021 02:22
Last Modified: 11 Nov 2021 02:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16336

Actions (login required)

View Item View Item