TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG UPAH PEKERJA BANGUNAN PROGRAM BANTUAN STIMULAN PERUMAHAN SWADAYA (Studi di Desa Sabah Balau Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan)

Via, Rizky Septiana (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG UPAH PEKERJA BANGUNAN PROGRAM BANTUAN STIMULAN PERUMAHAN SWADAYA (Studi di Desa Sabah Balau Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5..pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Berbagai kegiatan bermuamalah yang sering dilakukan oleh masyarakat Desa salah satunya adalah upah-mengupah (ijarah). Upah merupakan salah satu hal paling penting bagi para pekerja salam suatu perusahaan. Tingkat upah hanya merupakan dorongan utama hingga pada tarif di mana upah itu belum mencukupi kebutuhan hidup para kerja sepantasnya. Menentukan upah tidak boleh keluar dari aturan-aturan Islam, namun di Desa Sabah Balau pada program bantuan stimulan perumahan swadaya adanya upah tukang bangunan yang tidak sesuai dengan tarif normal dan pemberi upah menjanjikan akan ada penambahan upah tetapi sampai dengan bangunan rumah selesai upah tersebut tidak diberikan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana praktik pembayaran upah pekerja bangunan dalam program bantuan stimulan perumahan swadaya Di Desa Sabah Balau Kecamatan Tanjung Bintang? Bagaimana tinjauan hukum Islam Tentang pembayaran upah pekerja bangunan dalam program bantuan stimulan perumahan swadaya di Desa Sabah Balau Kecamatan Tanjung Bintang? Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Untuk mengetahui Praktik Pembayaran Upah Pekerja Bangunan Dalam Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya Di Desa Sabah Balau Kecamatan Tanjung Bintang dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam tentang pembayaran upah pekerja bangunan dalam program bantuan stimulan perumahan swadaya Dalam penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan penelitian yang bersifat deskriptif analisis dengan menggunakan sumber data primer dan skunder. Data primer diperoleh dari keterangan langsung dari pihak yang bersangkutan yaitu pekerja bangunan dan pemberi upah pada program bantuan stimulan perumahan swadaya dalam bentuk pengamatan, wawancara, dan dokumentasi sedangkan data sekunder diperoleh dari sumber kepustakaan berupa buku-buku sebagai literatur penunjang penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, pengolahan data melalui tahap editing dan sistematizing, analisis data secara kualitatif dengan pendekatan berpikir menggunakan metode induktif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa praktik pembayaran upah pada program bantuan stimulan perumahan swadaya menjadi pertentangan dengan hukum syara‟ karena upah pekerja tidak sesuai dengan tarif normal dan upah pekerja tidak dibayarkan dengan apa yang telah dijanjikan. Kemudian Tinjuan hukum Islam terhadap pembayaran upah pekerja pada program bantuan stimulan perumahan swadaya tidaklah sah menurut syariat Islam karena dalam akadnya terjadi kecacatan yaitu tidak sesuai dengan rukun dan syarat sahnya akad ijarah adapun mengenai upah sangat dibenarkan oleh Islam selama rukun dan syarat sesuai. Tetapi hal ini Sehingga menimbulkan ketidakridhaan pada salah satu pihak dan menimbulkan kerugian pada tukang bangunan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Nov 2021 02:17
Last Modified: 11 Nov 2021 02:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16335

Actions (login required)

View Item View Item