TINJAUAN FIQH SIYASAHTERHADAP PELAKSANAAN TUGASFUNGSI DAN TANGGUNGJAWAB KERJADALAM PELAYANAN PERBAIKAN INFRASTRUKTUR JALAN DI KABUPATEN WAY KANAN (Studi Di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung)

ALI, ROHMAN (2021) TINJAUAN FIQH SIYASAHTERHADAP PELAKSANAAN TUGASFUNGSI DAN TANGGUNGJAWAB KERJADALAM PELAYANAN PERBAIKAN INFRASTRUKTUR JALAN DI KABUPATEN WAY KANAN (Studi Di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB I & V.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB I & II.pdf] PDF
Download (763kB)

Abstract

ABSTRAK Dinas Pekerjaan Umum merupakan instansi yang bergerak dalam pembangunan dan pemeliharaan fasilitas jalan dan pengairan yang baik bagi masyarakat. Jika dilihat dengan kondisi lapangan, jalan di Kabupaten Way Kanan jalan kota masih banyak yang belum diperbaiki dan tidak dapat disebut sebagai prasarana yang layak bagi masyarakat Kabupaten Way Kanan. Contohnya ruas jalan penghubung Kecamatan Pakuan Ratu-Negara Batin yang ada di Way Kanan selama ini rusak parah. Padahal ruas jalan ini sangat sentral. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh kinerja dari instansi yang bergerak di bidang pemeliharaan dan pengendalian jalan yakni Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Way Kanan. Berdasarkan latar belakang di atas diduga masalah tersebut disebabkan oleh kinerja dan tanggung jawab yang kurang optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan tugas fungsi dan tanggung jawab kerja dalam pelayanan perbaikan infrastruktur jalan oleh Dinas pekerjaan Umum di Kabupaten Way Kanan dan bagaimana tinjauan fiqh siyāsah terhadap pelaksanaan tugas fungsi dan tanggung jawab kerja dalam pelayanan perbaikan infrastruktur jalan oleh Dinas pekerjaan Umum di Kabupaten Way Kanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan tugas fungsi dan tanggung jawab kerja dalam pelayanan perbaikan infrastruktur jalan oleh Dinas pekerjaan Umum di Kabupaten Way Kanan dan menegtahui tinjauan fiqh siyāsah terhadap pelaksanaan tugas fungsi dan tanggung jawab kerja dalam pelayanan perbaikan infrastruktur jalan oleh Dinas pekerjaan Umum di Kabupaten Way Kanan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan studi pustaka (library research). Penelitian ini bersifat deskriptif analisis, sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa pelaksanaan tugas fungsi dan tanggung jawab kerja dalam pelayanan perbaikan infrastruktur jalan iii oleh Dinas pekerjaan Umum di Kabupaten Way Kanan belum berjalan dengan maksimal. Hal ini dapat dilihat dari masih adanya jalan yang mengalami kerusakan dalam kurun waktu yang lama. Tinjauan fiqh siyāsah terhadap pelaksanaan tugas fungsi dan tanggung jawab kerja dalam pelayanan perbaikan infrastruktur jalan oleh Dinas pekerjaan Umum di Kabupaten Way Kanan belum sesuai dengan fiqh siyasah, karena terkait permasalahan pada pendistribusian yang masih belum tepat sasaran. Jadi dapat disimpulkan bahwa Dinas pekerjaan Umum di Kabupaten Way Kanan belum berperan dengan baik dalam pembangunan. Kata Kunci : Fiqh Siyasah, Tugas Fungsi, Tanggung Jawab, Infrastruktur

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Nov 2021 07:07
Last Modified: 10 Nov 2021 07:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16330

Actions (login required)

View Item View Item