PENGARUH KEBIJKAN DEVIDEN,KEBIJAKAN HUTANG DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Daftar Efek Syariah (DES) Periode 2013-2018)

ULFA NADIA, PANDOLA (2021) PENGARUH KEBIJKAN DEVIDEN,KEBIJAKAN HUTANG DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Daftar Efek Syariah (DES) Periode 2013-2018). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial apakah terdapat pengaruh antara kebijakan deviden, kebijakan hutang dan kebijakan manajerial terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif kausal yaitu metode penelitian yang dilakukan untuk meneliti hubungan sebab akibat antara satu variabel dengan variabel yang lainnya. Sumber data pada penelitian ini berasal dari data data sekunder yang tersedia di website www.ojk.go id (menu produk Daftar Efek Syariah (DES), serta sampel data laporan tahunan setiap perusahaan yang dipublikasikan yang diolah untuk mengetahui kebijakan deviden, kebijakan hutang dan kebijakan manajerial pada setiap periode. Analisis data yang dipergunakan adalah mencakup uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan menggunakan uji parsial. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk variabel kebijakan deviden terhadap nilai perusahaan diperoleh nilai t hitung = 3.725 > t tabel = 2.010, dengan signifikansi 0.001, nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0.05, dengan arah koefisien positif, dengan demikian diperoleh bahwa bahwa kebijakan dividen memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Variabel Kebijakan hutang menunjukkan nilai t hitung = 2.170 > t tabel = 2.010, dengan signifikansi 0.035, nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0.05 dengan arah koefisien positif dengan demikian diperoleh bahwa kebijakan hutang memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Variabel kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan menunjukkan nilai t hitung = 0.264 < t tabel = 2.010 dengan signifikansi 0.793, nilai signifikansi tersebut lebih besar dari 0.05 sehingga dapat dinyatakan bahwa kepemilikan manajerial tidak memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama dan kedua yang menyatakan bahwa kebijakan deviden dan kebijakan hutang secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perusahaan dapat diterima, sedangkan hipotesis ketiga yang menyatakan bahwa kebijakan manajerial memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dinyatakan tidak dapat diterima. Kata Kunci: Kebijakan deviden, Kebijakan Hutang, Kebijakan Manajerial, Manufaktur, DES.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Nov 2021 04:29
Last Modified: 10 Nov 2021 04:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16324

Actions (login required)

View Item View Item