TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG PENGGUNAAN MEMBER CARD DALAM SEWA LAPANGAN FUTSAL (Studi Pada Bintang Kalbera Futsal di Desa Kalibening Raya Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara).

ALHARIS, EZA (2021) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG PENGGUNAAN MEMBER CARD DALAM SEWA LAPANGAN FUTSAL (Studi Pada Bintang Kalbera Futsal di Desa Kalibening Raya Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI ALHARIS EZA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sewa-menyewa (ijarah) merupakan salah satu bentuk mu’amalah, sebagaimana halnya, sewa-menyewa yang dilakukan di lapangan futsal di Desa Kalibening Raya Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara. Dalam sewa menyewa lapangan futsal bintang kalbera menggunakan member card, dimana setiap kelompok pemain yang telah mendaftarkan diri atau menggunakan member card tersebut mendapatkan beberapa keuntungan berbeda dengan kelompok pemain yang tak menggunakan member card. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penggunaan Member Card Dalam Sewa Lapangan Bintang Kalbera Futsal Di Desa Kalibening Raya? Bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Tentang Penggunaan Member Card Dalam Sewa Lapangan Bintang Kalbera Futsal di Desa Kalibening Raya? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Penggunaan Member Card Dalam Sewa Lapangan Bintang Kalbera Futsal dan untuk mengetahui Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Tentang Penggunaan Member Card Dalam Sewa Lapangan Bintang Kalbera Futsal di Desa Kalibening Raya Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research). Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Metode pengumpulan data wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan induktif dan deduktif. Hasil penelitian Praktik Penggunaan member card dalam sewa lapangan Bintang Kalbera Futsal di Desa Kalibening Raya, dalam praktek penggunaan member card dalam sewa lapangan bintang kalbera, tim pengguna wajib membawa kartu member, pada saat bermain lalu kartu member di cap oleh pengelolah lapangan futsal sebagai tanda bahwa tim tersebut telah bermain. Pengguna member card mendapatkan hak berupa fasilitas bermain dari penyedia lapangan, mendapatkan potongan harga, dapat mengikuti liga member, selanjutnya mendapatkan informasi seputar jadwal. Penyedia lapangan memiliki hak uang sewa setiap awal bulan, apabila tim terlambat membayar diberi toleransi dari penyedia lapangan. Penggunaan member card dalam sewa-menyewa lapangan Bintang Kalbera Futsal di desa Kalibening Raya Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara, dapat dibenarkan karena isi akad sewa menyewa nya memuat hak dan kewajiban secara berimbang antara pengelola lapangan dan pengguna member card. .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Nov 2021 03:34
Last Modified: 10 Nov 2021 03:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16316

Actions (login required)

View Item View Item