PESAN DAKWAH DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @HAWAARIYYUN

PUTRI ANGGRAITA, BANTARI YULIAN (2021) PESAN DAKWAH DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @HAWAARIYYUN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dakwah adalah suatu kewajiban bagi setiap muslim dan muslimah di seluruh dunia. Oleh kerena itu dakwah Islam harus fleksibel, mampu mengikuti perkembangan zaman dan dikemas dengan seunik mungkin sesuai kondisi lingkungan tersebut. Instagram adalah media sosial yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat semua kalangan tanpa batasan usia. Instagram saat ini menjadi salah satu media untuk mendapatkan informasi, sehingga banyak sekali Da’i dan Da’iyah yang berdakwah melalui Instagram seperti halnya akun Instagram @hawaariyyun yang menjadikan Instagram sebagai media dalam menyampaiakan pesan dakwah. Penelitian ini merupakan penelitian analisis kualitatif deskriptif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (Library Reserch) yaitu dengan menggunakan buku, catetan maupun hasil laporan terdahulu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunkan teknik dokumenter, data online, observasi. Data yang diperoleh kemudian di analisis secara deskriptif dengan cara penyajian data, pengolahan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa : Setelah dilakukan pengolahan data dapat ditemukan hasilnya yaitu efek afektif dimana followers akun Instagram @hawaariyyun berkomentar di kolom komentar pada setiap unggahan vidio yang telah dipilih dan menghasilkan respon simpati aktif yang cenderung lebih dominan memberikan dukungan dan tanggapan positif mengenai pesan dakwah yang disampaikan. Hal ini menjadikan Instagram sebagai media yang efektif dalam berdakwah. Dari keseluruhan penyampaian pesan dakwah di media sosial Instagram yang merupakan dakwah millenial pada saat ini mampu menciptakan dakwah yang inofatif sehingga mampu menarik followers untuk mengikuti apa yang disampaikan oleh da’i, materi yang dilihat dapat diputar berulang-ulang tanpa batasan waktu. Kata kunci : Dakwah, Instagram @hawaariyyun, Follower

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Nov 2021 04:25
Last Modified: 09 Nov 2021 04:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16307

Actions (login required)

View Item View Item