PERILAKU MAHASISWA DALAM MENYIKAPI BERITA HOAX DIMEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Mahasiswa KPI Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Kelas A Angkatan 2017)

Dwi, Mega Adista (2021) PERILAKU MAHASISWA DALAM MENYIKAPI BERITA HOAX DIMEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Mahasiswa KPI Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Kelas A Angkatan 2017). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi yang mengakibatkan informasi sekecil apapun dapat dengan cepat menyebar sampai kemahasiswa sehingga penyebaran informasi sekecil apapun dapat dengan cepat menyebar sampai ke mahasiswa sehingga penyebaran informasi yang pesat mengakibatkan fenomena penyebaran berita hoax pun semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam kelas A angkatan 2017 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi tentang berita hoax dan bagaimana mahasiswa menyikapi berita hoax yang tersebar melalui media sosial instagram serta bagaimana cara mahasiswa mngenali berita hoax. Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (Kualitatif) dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Dan menggunakan teknik penentuan sampel Random Sampling Teknik ini menentukan sample yang jumlahnya 37 orang dan kemudian 15 orang yang dijadikan responden. Hasil penelitian ini, sebagian mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam kelas A angkatan 2017 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi mengetahui apa yang dimaksud dengan berita hoax namun ada sebagian kecil dari mahasiswa yang tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan hoax, mahasiswa memiliki sikap kritis ketika menemukan sebuah berita atau informasi namun ada beberapa mahasiswa yang memiliki sikap apatis terhadap penyebaran berita hoax, adapun upaya yang dilakukan adalah dengan tidak ikut meng share sebuah informasi yang belum diketahui kebenarannya. Akhirnya penulis merekomendasikan kepada mahasiswa agar bersikap cerdas dalam bermedia sosial serta berhati-hati ketika menerima sebuah informasi yang belum jelas sumbernya teliti kebenaran sebuah berita sangat penting agar tidak terjebak oleh berita hoax serta pentingnya peran pemerintah dalam mengontrol penyebaran berita hoax hal ini sebagai penentu kebijakan hukum seperti yang telah tertuang dalam UU ITE. Kata Kunci : Perilaku, Berita Hoax, Instagram

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Nov 2021 03:54
Last Modified: 08 Nov 2021 03:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16291

Actions (login required)

View Item View Item