PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLADGE SHARING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN FIQIH DIKELAS X MA AT-THOLIBIN KOTABUMI LAMPUNG UTARA

FITRI, FELIA (2021) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLADGE SHARING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN FIQIH DIKELAS X MA AT-THOLIBIN KOTABUMI LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Fitri Felia.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi 1-5.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu faktor rendahnya keaktifan belajar fiqih adalah kurang tertariknya peserta didik terhadap pembelajaran fiqih. Pada pembelajaran fiqih peserta didik kurang merasa percaya diri dan keberanian untuk menjawab dan ragu untuk menyatakan pendapat. Selain dari itu juga pendidik kurang menguasai strategi pembelajaran yang mengakibatkan munculnya rassa jenuh ketika proses pembelajaran. Sehingga untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik maka peneliti memilih strategi pembelajaran Active Knowladge Sharing agar peserta didik merasa percaya diri dan berperan aktif dalam proses pemebalajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Active Knowladge Sharing terhadap keaktifan belajar peserta didik mata pelajaran fiqih dikelas X MA At-Tholibin Kotabumi Lampung Utara. Adapun pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Experimen Design) dengan rancangan bentuk posttest only control design.. Populasi dalam penelitian ini menggunakan seluruh peserta didik kelas X MA At- Tholibin dengan julmah keseluruhan 102 orang yang terbagi dalam 4 kelas. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling dan memperoleh kelas X.A sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan strategi pembelajaran Active Knowladge Sharing serta keals X.B sebagai kelas kontrol dengan menerapkan strategi pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) . pengumpulan data diperoleh dari kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t-tes untuk menjawab hipotesis. Uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogorov Smirnov untuk mengetahui data berdistribusi normal atau tidak. Kemudian uji Homogenitas dilakukan untuk mengetahui data bersifat homogen atau tidak dengan menggunakan uji levene statistic. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap keaktifan belajar peserta didik dengan menerapkan strategi Active Knowladge Sharing. Pengujian hipotesis memperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000< dari taraf signifikansi 0,05. Hal ini merupakan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Active Knowladge Sharing terhadap keaktifan beljaar peserta didik mata pelajaran fiqih dikelas X MA At-Tholibin Kotabumi Lampung Utara. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Active Knowladge Sharing, Keaktifan belajar Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Nov 2021 03:44
Last Modified: 08 Nov 2021 03:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16290

Actions (login required)

View Item View Item