FUNGSI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KREATIFITAS KERAJINAN TANGAN DI KELURAHAN WAY DADI KECAMATAN SUKARAME BANDAR LAMPUNG

YAUGA, BAGAS PRATAMA (2021) FUNGSI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KREATIFITAS KERAJINAN TANGAN DI KELURAHAN WAY DADI KECAMATAN SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of COVER - BAB I - II - DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK FUNGSI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KREATIFITAS KERAJINAN TANGAN DI KELURAHAN WAY DADI BARU KECAMATAN SUKARAME BANDAR LAMPUNG Oleh: YAUGA BAGAS PRATAMA Kelompok Usaha Bersama (KUBE) merupakan kelompok usaha keluarga miskin yang dibentuk , tumbuh dan berkembang dengan tujuan mengubah pola pikir anggota mengenai pentingnya berwirausaha. Kelompok Usaha Bersama PKH di Kelurahan Way Dadi baru Kecamatan Sukarame Bandar Lampung didirikan untuk meminalisir ketergantungan anggota pada bantuan bantuan yang diterima, sehingga dapat menciptakan kesejahteraan dan kemandirian ekonomi anggotanya. Kelompok Usaha Bersama (KUBE) sangat menbutuhkan partisipasi penuh dari anggotanya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk merubah pola pikir KPM (Keluarga Penerima Manfaat) dan dapat menjadikan kegiatan yang produktif dalam kemandirian Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Rumusan masalah di dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Pengembangan Kreatifitas dan Life Skill Melalui Kelompok Usaha Bersama melalui kegiatan Ecoprint di Kelurahan Way Dadi Baru Kecamatan Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif yaitu memberikan gambaran data lengkap Partisipan ini berjumlah 11 orang. Dengan itu Partisipan menggunakan teknik Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yaitu diantaranya, Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil Penelitian yang dilakukan penulis, menunjukkan bahwa Pendamping PKH yaitu bu Tutik Agustina membentuk sebuah kelompok usaha bersama dengan tujuan agar KPM (Keluarga Penerima Manfaat) tersebut dapat meningkatkan kreativitas dan perubahan pola pikir agar KPM (Keluarga Penerima Manfaat) ini tidak bergantung pada bantuan sosial , dengan adanya kegiatan yang diadakan oleh pendamping PKH , KPM (Keluarga Penerima Manfaat) bisa mandiri dalam ekonomi maupun usaha nya dengan membuat Ecoprint yang berbahan dasar alami dengan menggunakan alat yang masih manual. Kegiatan ini ada 3 tahap yaitu pelatihan, pembinaan dan pendampingan. Kata Kunci: PKH, Pemberdayaan, Kelompok Usaha Bersama (KUBE)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Nov 2021 04:02
Last Modified: 05 Nov 2021 04:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16286

Actions (login required)

View Item View Item