PENGARUH KEPERCAYAAN DAN PENGETAHUAN TERHADAP KEPUTUSAN MUZAKKI MENGGUNAKAN E-MONEY (STUDI PADA MUZAKKI BAZNAS KOTA BANDAR LAMPUNG)

Chelsea, Amor Pitaloka (2021) PENGARUH KEPERCAYAAN DAN PENGETAHUAN TERHADAP KEPUTUSAN MUZAKKI MENGGUNAKAN E-MONEY (STUDI PADA MUZAKKI BAZNAS KOTA BANDAR LAMPUNG). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of full skripsi chelsea fixx.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of cover bab1 & bab 5.pdf] PDF
Download (654kB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0 seperti saat ini mengharuskan sektor keuangan berinovasi pada layanan keuangan digitalnya seperti menghadirkan Financial Technology (Fintech). Salah satu produk dari finansial digital adalah uang elektronik (EMoney). Hal ini merupakan agenda Bank Indonesia untuk menciptakan Cashless Society. BAZNAS sebagai badan amil zakat pun melakukan inovasi untuk melakukan kerjasama dengan salah satu platform digital dalam segi pembayaran dan pengumpulan dana zakat, akan tetapi data yang diperoleh berdasarkan Indonesia Zakat Outlook tahun 2016-2020 menunjukkan bahwa pengumpulan dana zakat belum mencapai potensi pengumpulan zakat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel kepercayaan dan pengetahuan terhadap keputusan muzakki menggunakan E-money baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh muzakki BAZNAS Kota Bandar Lampung periode 2019-2020 yang terdata menggunakan E-money. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu quota sampling. Jumlah responden yang menjadi sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 106 responden. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada muzakki BAZNAS Kota Bandar Lampung melalui Google Form. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, menunjukkan bahwa variabel kepercayaan dan variabel pengetahuan secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap variabel keputusan muzakki menggunakan E-money; dan secara simultan variabel kepercayaan dan variabel pengetahuan berpengaruh positif signifikan terhadap variabel keputusan muzakki; serta berdasarkan hasil dari uji koefisien determinasi variabel kepercayaan dan variabel pengetahuan memiliki pengaruh sebesar 71,8% terhadap variabel keputusan muzakki menggunakan E-money. Kata Kunci: Kepercayaan, Pengetahuan, Keputusan Muzakki Menggunakan E-Money.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Nov 2021 04:25
Last Modified: 04 Nov 2021 04:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16272

Actions (login required)

View Item View Item