PERAN PENYULUH P3AP2KB ( PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PERLINDUNGAN ANAK PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA ) DALAM MEWUJUDKAN PROGRAM KB DI DESA SIDODADI PAGELARAN PRINGSEWU Skripsi

DIAH, INDRI AYU WARDANI (2021) PERAN PENYULUH P3AP2KB ( PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PERLINDUNGAN ANAK PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA ) DALAM MEWUJUDKAN PROGRAM KB DI DESA SIDODADI PAGELARAN PRINGSEWU Skripsi. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_DIAH INDRI AYU WARDANI_1741040037.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh: Diah Indri Ayu Wardani Penyuluh Keluarga Berencana merupakan pengelola KB di lingkup lapangan. Undang-undang Republik Indonesia No. 52 tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga dan peraturan Presiden No. 62 tahun 2010 tentang Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional menyatakan bahwa BKKBN mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintah dibidang pengendalian penduduk dan penyelenggaraan keluarga berencana. Namun saat ini pelaksanaan peran tersebut memiliki tantangan yang tidak mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Penyuluh Keluarga Berencana P3AP2KB dalam mewujudkan program KB, mengidentifikasi bagaimana peranan penyuluh dan faktor penghambat Peran Penyuluh Keluarga Berencana dalam mewujudkan program keluarga berencana di Desa Sidodadi, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu. Sifat penelitian ini adalah penelitian Deskriptif atau kualitatif jenis penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengambilan sample menggunakan purposive Sampling. Pengumpulan data di lakukan dengan wawancara sebagai metode utama, sedangkan metode pelengkap dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif. Tempat penelitian berada di Desa Sidodadi, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu. Dari hasil penelitian dilapangan dapat disimpulkan bahwa: pertama: PKB berperan mengelola pelaksanaan program KB dengan dua cara yaitu melakukan penyuluhan dan konseling baik secara door to door maupun masal. Adapun hambatan dalam hal ini adalah faktor keagamaan dan faktor persepsi masyarakat tentang rentannya kegagalan KB jika bekerja berat. Kedua: PKB berperan sebagai penggerak partisipasi masyarakat dalam program KB di Desa Sidodi dengan cara PKB memberikan arahan dan bekerjasama dengan semua stakholdernya, untuk mengadakan penyuluhan, sosialisasi baik individual maupun kolektif. Adapun hambatan dalam hal ini adalah Minimnya waktu masyarakat, minimnya pengetahuan masyarakat tentang KB, sebagian masyarakat yang acuh, sarana dan prasarana yang belum memadai, dan anggaran dana yang belum memadai. Ketiga: PKB berperan memberdayakan masyarakat dan keluarga di Desa Sidodadi, dengan program BKR dan UPPKS. Hambatan dalam hal ini adalah persepsi masyarakat yang iii menganggap program ini uangnya kecil sehingga tidak mengikuti. Keempat: PKB berperan Menggalang kemitraan dengan masyarakat di Desa Sidodadi dengan cara melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat, bidan dan seluruh stakholder pemerintah desa. Hambatan dalam hal ini adalah sebagian tokoh agama menggnggap program KB bertentangan dengan agama sehingga berdampak pada sebagian masyarakat tidak mengikuti program KB. Kesimpulan penelitian ini bahwa PKB berperan penting dalam mensukseskan program KB di Desa Sidodadi Pagelaran Pringsewu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Nov 2021 02:15
Last Modified: 04 Nov 2021 02:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16258

Actions (login required)

View Item View Item