TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENENTUAN JASA SEWA LAHAN UNTUK USAHA (Studi di Karimun Jawa Kelurahan Sukarame Kecamatan Sukarame Bandar Lampung)

FEBY, NUR KHOTIMAH (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENENTUAN JASA SEWA LAHAN UNTUK USAHA (Studi di Karimun Jawa Kelurahan Sukarame Kecamatan Sukarame Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI FEBY NUR KHOTIMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sewa menyewa merupakan salah satu bentuk kerja sama yang dibolehkan dalam Islam karena mengandung unsur tolong menolong. Sewa menyewa merupakan sesuatu yang lazim dilakukan pada masyarakat. Seperti halnya kegiatan sewa menyewa lahan yang ada di Karimun Jawa tersebut yaitu merupakan lahan kosong yang dikelola dan dikembangkan oleh pemilik lahan untuk disewakan. Dalam praktiknya yang terjadi di Karimun Jawa Kelurahan Sukarame adalah dalam pelaksanaan sewa menyewa lahan tersebut terdapat variasi harga antara pihak penyewa satu dengan yang lainnya. Dalam sewa menyewa lahan tersebut ada perbedaan harga dari penyewa yang ada disana. Adapun dalam perbulannya para pedangang harus membayar harga sewa yang berbeda-beda. Penentuan harga suatu transaksi yang seharusnya memenuhi unsur keadilan dan berlaku secara umum. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik penentuan jasa sewa lahan untuk usaha di Karimun Jawa Kelurahan Sukarame dan bagaimana pandangan hukum Islam terhadap praktik penentuan jasa sewa lahan untuk usaha di Karimun Jawa Kelurahan Sukarame. Tujuan penelitian dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui praktik penentuan jasa sewa lahan untuk usaha di Karimun Jawa Kelurahan Sukarame Kecamatan Sukarame Bandar Lampung dan untuk mengetahui pandangan hukum Islam tentang praktik penentuan jasa sewa lahan untuk usaha di Karimun Jawa Kelurahan Sukarame Kecamatan Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analisis dengan memakai metode berfikir deduktif. Data primer dalam penelitian ini didapat langsung dari hasil wawancara dengan pihak yang bersangkutan yaitu pihak pemilik lahan dan penyewa lahan di Karimun Jawa Kelurahan Sukarame, sedangkan data sekunder diperoleh darii kepustakaan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dan dokumentasi, sedangkan metode pengolahan data melalui pemeriksaan data dan sistematika data. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa praktik penentuan jasa sewa lahan untuk usaha menggunakan akad Ijarah. Penentuan harga yang dilakukan pada pemilik lahan kepada penyewa merupakan menyewa bangunan dan menyewa lahan, namun pada praktiknya akad Ijarah yang terjadi pada lahan tersebut pemilik lahan menentukan harga berdasarkan ukuran lahan dan fasilitas yang diberikan kepada penyewa. Kemudian dianalisis berdasarkan hukum Islam, penetapan harga sewa dilakukan untuk kepentingan bersama, dalam hal ini agar terciptanya keadilan bersama pihak yang bersangkutan. Hal ini telah memenuhi syarat penetapan harga oleh hukum Islam yang bersifat adil serta adanya kerelaan antara kedua belah pihak. Sehingga penetapan harga lahan di Karimun Jawa Kelurahan Sukarame Kecamatan Sukarame Bandar Lampung hukumnya diperbolehkan (Mubah).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Nov 2021 04:35
Last Modified: 03 Nov 2021 04:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16255

Actions (login required)

View Item View Item