PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERNUANSA ISLAMI MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS5 KELAS XI MIA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI SMA NEGERI 02 BUAY BAHUGA

IRMA, SURYANI (2021) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERNUANSA ISLAMI MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS5 KELAS XI MIA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI SMA NEGERI 02 BUAY BAHUGA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Masa pandemi Covid-19 saat ini, telah membuat berubahnya aktivitas belajar peserta didik. Proses pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka dengan guru disekolah, namun saat ini harus dilakukan dirumah dan secara daring. Hal ini membutuhkan sarana dan keterampilan yang mahir untuk dapat mengikuti dan melaksanakan pembelajaran dengan baik. Namun, faktanya masih ada informasi yang diperoleh tentang keluhan yang disampaikan peserta didik ketika mengikuti proses pembelajaran secara daring. Proses pembelajaran pada saat pandemi seperti ini, membutuhkan pembelajaran yang berbasis online contohnya video pembelajaran. Hal itulah yang melatar belakangi saya melakukan pengembangan video pembelajaran. Metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R & D) yang mengacu pada model Borg and Gall yang dilakukan hingga pada langkah ke tujuh, adapun langkah-langkah tersebut yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk. Berdasarkan tujuh langkah-langkah tersebut peneliti menghasilkan suatu produk media pembelajaran berupa video bernuansa islami menggunakan Adobe Flash CS5 kelas XI MIA materi Sistem Pencernaan. Hasil penelitian yang telah dikembangkan memperoleh presentase kelayakan ahli materi 90% dengan kriteria sangat layak. Ahli media memperoleh presentase 98% dengan kriteria sangat layak. Ahli bahasa memperoleh presentase 100% dengan kriteria sangat layak serta penilaian guru memperoleh persentase 100% dengan kategori sangat layak. Presentase respon peserta didik pada uji coba skala kecil 88% dan uji coba skala besar 91% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba produk maka penulis menyimpulkan bahwa media pembelajaran berupa video bernuansa islami menggunakan Adobe Flash CS5 kelas XI MIA materi Sistem Pencernaan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Adobe Flash CS5, Bernuansa Islami, Sistem Pencernaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Nov 2021 02:59
Last Modified: 03 Nov 2021 02:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16238

Actions (login required)

View Item View Item