PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN GENERIC SAINS BIOLOGI DITINJAU DARI SELF REGULATION PESERTA DIDIK KELAS VII SMP ISLAM 1 KALIREJO

VERANTICA, FIRDAUS (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN GENERIC SAINS BIOLOGI DITINJAU DARI SELF REGULATION PESERTA DIDIK KELAS VII SMP ISLAM 1 KALIREJO. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI  FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN GENERIC SAINS BIOLOGI DITINJAU DARI SELF REGULATION PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP ISLAM 01 KALIREJO OLEH VERANTICA FIRDAUS Kurangnya keterampilan generic sains biologi pada peserta didik diakibatkan oleh proses pembelajaran yang belum mengembangkan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan generic sains biologi peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) yang ditinjau dari self regulation peserta didik dikelas VII SMP Islam 01 Kalirejo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan faktorial desain yaitu seluruh peserta didik kelas VII di SMP Islam 01 Kalirejo. Jumlah peserta didik kelas VII di SMP Islam 01 Kalirejo sebanyak 118, sedangkan sampel penelitian yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 33, sedangkan yang akan dijadikan sebagai kelas kontrol ialah kelas VII A jumlahnya 29 peserta didik, yang diperoleh dengan menggunakan teknik random sampling. Data penelitian diperoleh dari soal tes bentuk soal pilihan ganda dan juga pernyataan-pernyataan untuk mendapatkan informasi dalam bentuk angket. Teknik analisis data dengan menggunakan variansi dua jalur sel tak sama. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap keterampilan generic sains biologi, terdapat perbedaan antara peserta didik yang memiliki self regulation tinggi, sedang, dan rendah dan adanya interaksi antara perlakuan pembelajaran dengan self regulation peserta didik terhadap keterampilan generic sains biologi. Kata Kunci : Keterampilan Generic Sains, Model Pembelajaran PBL, Self Regulation

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Nov 2021 05:12
Last Modified: 02 Nov 2021 05:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16214

Actions (login required)

View Item View Item