PENGARUH SERTIFIKAT BANK INDONESIA SYARIAH, NILAI TUKAR RUPIAH, BI RATE, DAN JUMLAH UANG BEREDAR TERHADAP KINERJA REKSADANA SAHAM SYARIAH (STUDI PADA PERUSAHAAN REKSADANA SYARIAH YANG TERDAFTAR DI OJK TAHUN 2015-2019)

Shafira, Kusuma Hanifah (2021) PENGARUH SERTIFIKAT BANK INDONESIA SYARIAH, NILAI TUKAR RUPIAH, BI RATE, DAN JUMLAH UANG BEREDAR TERHADAP KINERJA REKSADANA SAHAM SYARIAH (STUDI PADA PERUSAHAAN REKSADANA SYARIAH YANG TERDAFTAR DI OJK TAHUN 2015-2019). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_Shafira Kusuma Hanifah_1651020344.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Investasi menjadi salah satu pilihan masyarakat dalam menyalurkan dananya agar lebih memberikan keuntungan dimasa yang akan datang. Secara berkala reksadana syariah terproteksi juga melakukan pembagian hasil investasi dalam bentuk dividen. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah SBIS, Nilai Tukar Rupiah, BI Rate, dan Jumlah Uang Beredar berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap Kinerja Reksadana Saham Syariah yang terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan tahun 2015-2019 dan menurut perspektif ekonomi Islam. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh SBIS, Nilai Tukar Rupiah, BI Rate, dan Jumlah Uang Beredar secara parsial dan simultan terhadap Kinerja Reksadana Saham Syariah yang terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan tahun 2015-2019 dan menurut perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, data yang digunakan merupakan data sekunder. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh 5 reksadana syariah jenis saham yang terdaftar di OJK. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan data panel. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial SBIS dan BI Rate tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Reksadana Saham Syariah sedangkan nilai tukar rupiah dan JUB berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Reksadana Saham Syariah. SBIS, nilai tukar rupiah, BI Rate, dan JUB secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap terhadap Kinerja Reksadana Saham Syariah. Investasi sangat dianjurkan dalam Islam untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik dan harta tidak hanya disimpan tetapi produktif, terutama dalam penelitian ini yaitu investasi reksadana saham syariah. Dalam investasi reksadana terdapat manajer investasi yang terlebih dahulu harus dapat menganalisis secara teknikal dan fundamental sebelum mengambil keputusan dalam berinvestasi. Kata kunci: Sertifikat Bank Indonesia Syariah, Nilai Tukar Rupiah, BI Rate, Jumlah Uang Beredar, NAB Reksadana Saham Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Nov 2021 04:47
Last Modified: 02 Nov 2021 04:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16207

Actions (login required)

View Item View Item