UPAYA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK MTs GUPPI NATAR KECAMATAN NATAR LAMPUNG SELATAN

Sobari, Ryo (2017) UPAYA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK MTs GUPPI NATAR KECAMATAN NATAR LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_NEW.pdf]
Preview
PDF
Download (994kB) | Preview

Abstract

Berbicara masalah pembinaan sama dengan berbicara pada tujuan pendidikan Islam. Pembinaan merupakan suatu kegiatan mempertahankan dan menyempurnakan apa yang telah ada dan dilakukan secara berulang-ulang. Pembinaan akhlak juga harus diberikan kepada anak sejak usia dini serta harus dilakukan oleh pihak-pihak terkait seperti orang tua, lembaga pendidikan, pemerintah maupun pihak-pihak lain secara kontinu agar mereka dapat memiliki akhlak yang mulia sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW serta mampu menjauhi akhlak yang buruk. Oleh karena itu, guru aqidah akhlak wajib memberikan suri tauladan dan senantiasa mencurahkan perhatiannya kepada peserta didik baik dari aspek pengetahuan, sikap dan perilaku serta keterampilan beribadah untuk mewujudkan peserta didik yang berkhlak mulia sesuai dengan agama Islam. Maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimanakah Upaya Guru Aqidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Peserta Didik MTs GUPPI Natar Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan?” Penelitian yang penulis lakukan ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan datanya penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data primer dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru aqidah akhlak serta peserta didik MTs GUPPI Natar, sedangkan untuk data sekundernya penulis menggunakan buku-buku yang berkaitan ddengan pembinaan akhlak anak. Data dianalisis dengan kualitatif melalui melalui teknik analisis data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Dari penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwasannya dalam pembinaan akhlak peserta didik di MTs GUPPI Natar Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan menggunakan metode-metode yang sesuai seperti melalui keteladanan, pembiasaan, nasihat atau pemahaman, hadiah, dan pemberian hukuman atau peringatan. Namun, dalam penelitian penulis menemukan bahwa proses pembinaan akhlak peserta didik di MTs GUPPI Natar Kecamatan Natar kabupaten Lampung Selatan ini adalah dari personal guru aqidah akhlaknya, jadi peserta didik benar-benar menjadikan beliau sebagai tauladannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 28 Feb 2017 01:56
Last Modified: 28 Feb 2017 01:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/162

Actions (login required)

View Item View Item