PERAN MAJELIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (MPM) MUHAMMADIYAH LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Pada Komunitas Petani Organik Berkemajuan di Kec. Tegineneng, Kab. Pesawaran, Prov. Lampung

ERWIN, YULIANTO NURHUDA AL-FAKIH (2021) PERAN MAJELIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (MPM) MUHAMMADIYAH LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Pada Komunitas Petani Organik Berkemajuan di Kec. Tegineneng, Kab. Pesawaran, Prov. Lampung. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pemberdayaan masyarakat adalah upaya untuk mengembangkan kemampuan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, menjauhkannya jadi jurang kemiskinan dan meraih kesejahteraan. September 2019, menurut data BPS kemiskinan di Lampung mencapai 1,04 juta orang. Perlu upaya memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Majelis Pemberdayaan Muhammadiyah adalah lembaga yang bergerak untuk memberdayakan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana Peran Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Muhammadiyah Lampung Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. (Studi Pada Komunitas Petani Organik Berkemajuan Di Kec. Tegineneng, kab. Pesawaran, prov. Lampung). Untuk mengetahui pandangan ekonomi Islam tentang peran Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Muhammadiyah Lampung dalam meningkatkan kesejahteraan masyaraka. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data menggunakan data primer dari hasil wawancara dengan responden. Teknik analisis data setelah data terkumpul baik dari lapangan maupun pustaka, maka selanjutnya menganalisis data sesuai dengan permasalahannya. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis data yang bersifat kualitatif, yaitu metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang yang diamati. Adapun metode berfikir yang dipakai pada penelitian ini adalah metode deduktif. Hasil penelitian diperoleh bahwa Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Muhammadiyah Lampung telah memberikan dampak positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dampak tersebut bisa dilihat dari meningkatnya pendapatan, terpenuhinya kebutuhan primer, kemudahan dalam akses kesehatan, kemudahan dalam memenuhi biaya pendidikan, dan terlaksananya ibadah zakat maal para petani yang tergabung dalam Komunitas Petani Organik Berkemajuan. Pemberdayaan yang dilakukan oleh Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Muhammadiyah Lampung sudah sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam. Kesesuaian praktik dan teori yang dibangun dari teologi surat Al-Mauun, memberikan dampak yang baik kepada semangat para petani yang ada dalam iii Komunitas Petani Organik Berkemajuan dalam menjalankan kegiatan pertaniannya. Para petani ini bukan sekedar semangat untuk mencari keuntungan materi saja tetapi juga mencari keberkahan, pahala dan ridho dari Allah. Kata kunci : Pemberdayaan Masyarakat, Majelis Pemberdayaan Masyarakat, Kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Oct 2021 06:46
Last Modified: 29 Oct 2021 06:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16193

Actions (login required)

View Item View Item