Penggunaan Google Search Engine Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Keislaman Di Kalangan Mahasiswa (Studi Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)

DEWI, NOVIETASARI (2021) Penggunaan Google Search Engine Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Keislaman Di Kalangan Mahasiswa (Studi Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI DEWI NOVIETASARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penggunaan Google Search Engine Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Keislaman Di Kalangan Mahasiswa (Studi Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung) OLEH DEWI NOVIETASARI Google search engine merupakan salah satu media yang dimanfaatkan mahasiswa KPI untuk mencari informasi keislaman dan sebagai akses untuk kegiatan belajar . Perkembangan jaringan telah membuat perubahan besar dalam proses belajar dan pembelajaran. Melalui Google search engine mahasiswa komunikasi dan penyiaran islam bisa mendapatkan informasi yang mereka cari dimanapun dan kapanpun. Sebagai mahasiswa yang dituntut harus memiliki wawasan yang luas terutama dalam bidang keislaman. Google search engine salah satu media penunjang menambah ilmu pengetahuan dan informasi lokal maupun internasional. Dengan memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki sumber informasi yang bersifat konvesional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sample yang diambil adalah mahasiswa KPI UIN Raden Intan Lampung dengan metode snowball sampling. Populasi berjumlah 193 orang dari angkatan 2016 dan 15 orang yang masih aktif dijadikan sample. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil diketahui bahwa : Google search engine banyak memberikan manfaat sebagai media belajar tentang keislaman bagi mahasiswa KPI. Dalam menggunakan Google search engine sebagai media penunjang informasi keislaman, terdapat 2 macam bentuk penggunaan: 1). Penggunaan Google search engine sebagai media pemenuhan informasi, 2). penggunaan Google search engine sebagai media belajar. Kesimpulannya, Google search engine dapat dikatakan efektif sebagai media pemenuhan informasi dan belajar jika digunakan secara baik dan secara syariat islam. Secara keseluruhan layanan ini merupakan layanan milenial yang mampu menciptakan karya yang inovatif dan bermanfaat. Kata Kunci: Google Search Engine, Infomasi Keislaman

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Oct 2021 06:57
Last Modified: 28 Oct 2021 06:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16179

Actions (login required)

View Item View Item