PENGARUH PEMBERIAN PAKAN ALTERNATIF AMPAS TAHU DAN KEONG MAS (Pomacea canaliculata) TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN PATIN (Pangasius sp.)

Melly, Triana Eryesma Anwar (2021) PENGARUH PEMBERIAN PAKAN ALTERNATIF AMPAS TAHU DAN KEONG MAS (Pomacea canaliculata) TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN PATIN (Pangasius sp.). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of 1.REVISI   WISUDA  SKRIPSI  MELLY TRIANA ERYESMA ANWAR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Ikan patin (Pangasius sp.) merupakan ikan komoditas unggulan ikan air tawar yang mudah dibudidayakan dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Ikan patin memiliki kelebihan yaitu tingginya permitaan di pasaran karena olahan ikan patin mudah dijumpai, misalnya di restoran, kaki lima, dan industri olahan ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pakan alternatif ampas tahu dan keong mas (Pomacea canaliculata) terhadap pertumbuhan ikan patin (Pangasius sp.). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-April 2021. Parameter yang diamati adalah pertumbuhan berat, pertumbuhan panjang, laju pertumbuhan spesifik, lingkungan dan FCR. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan menggunakan 6 perlakuan, satu diantaranya sebagai kontrol dan dilakukan pengulangan sebanyak tiga kali. Penelitian ini menggunakan ikan patin berjumlah 180 ekor dengan berat 3 gram dan panjang 7 cm yang ditempatkan di kolam box container. Berat, panjang, suhu, dan pH air diukur setiap 10 hari sekali selama 30 hari. Hasil penelitian ini diuji menggunakan Analisis Of Varians (ANOVA), hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian pakan alternatif terhadap pertumbuhan ikan patin (Pangasius sp.). Pakan terbaik terdapat pada perlakuan P4 dengan konsentrasi 25% tepung ampas tahu dan 75% tepung keong mas dengan hasil panjang mutlak: 6,66 cm dan berat mutlak 5,66 gram, serta nilai FCR sebesar 2,11. Kata kunci: Ikan patin (Pangasius sp.), Ampas tahu, Keong mas (Pomacea canaliculata), Pertumbuhan, Pakan alternatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Oct 2021 03:34
Last Modified: 28 Oct 2021 03:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16168

Actions (login required)

View Item View Item