PENGARUH KOMITMEN KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi di BPRS Bandar Lampung)

MONICA, DAMAYANTI (2021) PENGARUH KOMITMEN KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi di BPRS Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Era kompetisi sekarang ini, setiap lembaga keuangan syariah harus mampu bersaing dalam mengembangkan perusahaan demi mencapai keberhasilan yang dicita-citakan. Salah satu penentu utama yang mempengaruhi tingkat keberhasilan suatu perusahaan adalah kinerja karyawan. Usaha untuk meningkatkan kinerja karyawan, diantaranya adalah dengan memperhatikan komitmen kerja dan kepuasan kerja karyawan. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah komitmen kerja dan kepuasan kerja berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap kinerja pegawai BPRS Bandar Lampung, dan kemudian melihatnya dalam pandangan ekonomi syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen kerja dan kepuasan kerja baik secara persial maupun simultan terhadap kinerja karyawan BPRS Bandar Lampung dan kemudian meninjaunya dalam pandangan ekonomi syariah Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis asosiatif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 45 karyawan dengan menggunakan metode sensus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kuesioner, interview dan dokumentasi. Analisa yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda, uji F, uji t. Hasil penelitian ini yaitu bahwa secara simultan variabel komitmen kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Secara parsial, komitmen kerja berpengaruh signifikan, sedangkan kepuasan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini memiliki kekurangan karena belum bisa melihat keseluruhan variabel yang mempengaruhi kinerja. Namun demikian, hasil dari penelitian ini, sebaiknya perusahaan terus memperkuat komitmen organisasi dan kepuasan kinerja karyawan dengan memenuhi kebutuhan-kebutuhan karyawan terlebih pada kepuasan kerja mereka. Menurut pandangan ekonomi syariah bahwa komitmen kerja dan kepuasan kerja memiliki pengaruh yang besar terhadap kinerja yang diperoleh oleh karyawan, semakin tinggi komitmen maka semakin tinggi tanggang jawab yang amanahkan, tingginya tanggung jawab akan memberikan dampak dari kinerja yang dilakukan oleh karyawan. Kata kunci: Komitmen kerja, Kepuasan kerja, Kinerja karyawan, BPRS Bandar Lampung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Oct 2021 02:33
Last Modified: 29 Oct 2021 02:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16165

Actions (login required)

View Item View Item