PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK PREMACK PRINCIPLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG

Sisca, Supraptia (2021) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK PREMACK PRINCIPLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Motivasi belajar perlu ditingkatkan kembali dalam diri seseorang dengan rasa ingin suatu tujuan dalam belajar itu tercapai. Motivasi belajar yang rendah terdapat pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 4 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Peranan teknik Premack Principle untuk membantu meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada kelas VII di SMP Negeri 4 Bandar Lampung. Desain penelitian ini adalah Pre-Experimental Design. Peneliti menggunakan pretest dan posttest design, karena dalam penelitian ini untuk mengetahui peranan teknik premack principle dalam mengembangkan motivasi belajar peserta didik yang dijadikan sampel penelitian, dalam desain ini, sampel dikenakan 2 kali pengukuran. Pengukuran pertama dilakukan untuk mengukur tingkat motivasi belajar sebelum diberikan perlakuan (treatment), dan pengukuran kedua dilakukan tingkat motivasi belajar sesudah diberikan perlakuan (treatment). Hasil perhitungan pengujian diperoleh menunjukkan nilai Z hitung sebesar -2.810 ada taraf signifikan 5% dan diketahui asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 2,810. Karena nilai 0,027 lebih kecil dari ˂ 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Hα diterima. Artinya ada perbedaan antara hasil untuk pretest dan posttest, sehingga dapat disimpulkan bahwa dapat digunakan layanan konseling kelompok dengan teknik premack principle untuk meningkatkan motivasi belajar peserta kelas VII di SMP Negeri 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2020/2021. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Premack Principle, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2021 04:52
Last Modified: 27 Oct 2021 04:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16159

Actions (login required)

View Item View Item