EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKTKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

RISKA, NOVELIA (2021) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKTKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI Riska.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKTKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021 OLEH RISKA NOVELIA Kepercayaan diri merupakan suatu gerbang kesuksesan seseorang, karena dengan kepercayaan diri individu dapat menjalani hidupnya dengan baik. Keyakinan pada diri sendiri baik tingkah laku, emosi, motivasi yang bersumber dari dalam diri dan hati nurani, untuk dapat melakukan sesuatu hal dengan kepercayaan diri yang baik, seseorang yang dapat memahami dirinya dengan baik, serta seseorang dapat mengakutualisasikan potensi-potensi yang dimilikinya. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektifitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan kepercayaan drii peserta didik kelas X di SMA Negeri 2 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian one-grup pretest-postest. Populasi penenlitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA di SMA Negeri 2 Bandar Lampung kemudian didapatkan 5 sampel dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk menangani peserta didik tersebut. Metode pengumpulan data menggunakan angket,wawancara, dan dokumentasi . Hasil penelitian ini menemukan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok dapat digunakan untuk meningkatkan kepercayaaan diri peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan nilai rata-rata tingkat kepercayaan diri sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi adalah sebanyak 104.000, dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi mengalami peningkatan menjadi 152,200. Dari uji wilcoxon yang dilakukan dengan menggunakan SPSS 21 maka diperoleh hasil output „‟test statistik‟‟, maka diketahui kolom asymp (tailed) yang merupakan angka probabilitas p = 0,043; p < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kepercayaan diri peserta didik di SMA Negeri 2 Bandar Lampung iimengalami peningkatan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. Kata kunci: Bimbingan kelompok, teknik diskusi, kepercayaan diri. iiiABSTRACT THE EFFECTIVENESS OF GROUP GUIDANCE SERVICES WITH DISCUSSION TECHNIQUES TO IMPROVE STUDENT'S CONFIDENCE IN SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG FOR THE ACADEMIC YEAR 2020/2021 BY RISKA NOVELIA Self-confidence is a gateway to one's success, because with self-confidence individuals can live their lives well. Confidence in oneself, both behavior, emotions, motivation that comes from within and conscience, to be able to do something with good self- confidence, someone who can underst and himself well, and someone who can actualize his potential. The aim of this study is to determine the effectiveness of group guidance services with discussion techniques to increase the confidence of class X students at SMA Negeri 2 Bandar Lampung. This type of research is quantitative using aresearch design one-group pretest-posttest. The population of this study were students of class X MIPA at SMA Negeri 2 Bandar Lampung, then 5 samples were obtained using group guidance services with discussion techniques to deal with these students. Methods of data collection using questionnaires, interviews, and documentation. The results of this study found that the application of group guidance services with group discussion techniques can be used to increase students' self-confidence. This is evidenced by the calculation of the average value of the level of self-confidence before being given group guidance services with discussion techniques is as much as 104,000, and after being given group guidance services with discussion techniques it has increased to 152,200. From the Wilcoxon test conducted using SPSS 21, the output of ''statistical test'' is obtained, it is known that the column asymp (tailed) is the probability number p = 0.043; p < 0.05 then Ho is rejected and Ha is accepted. Thus it can be concluded that the confidence of students at SMA Negeri 2 Bandar Lampung has increased after being given group guidance services with discussion techniques. Keywords: Group guidance, discussion techniques, self- confidence.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2021 04:15
Last Modified: 27 Oct 2021 04:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16158

Actions (login required)

View Item View Item