METODE REPITISI DALAM MEMUDAHKAN SANTRI MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN NURUSSALAM SIDOGEDE OKU TIMUR SUMATERA SELATAN

RIFKI, ERDAYANTI (2021) METODE REPITISI DALAM MEMUDAHKAN SANTRI MENGHAFAL AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN NURUSSALAM SIDOGEDE OKU TIMUR SUMATERA SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI ERDAYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB I DAN 5.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Metode repitisi adalah suatu jalan yang dilalui untuk mencapai keinginan yang dikehendaki menggunakan teknik pengulangan supaya masuk ke dalam pikiran bawah sadar sehingga membuat seseorang tersebut mudah dalam mengingat sesuatu yang diinginkan. Dalam pra penelitian yang telah dilakukan di Pondok Pesantren Nurussalam Sidogede Oku Timur banyaknya santri yang berminat mengikuti program tahfidz Al-Qur‟an dan sering mendapatkan juara pada lomba tahfidz diluar pesantren. Untuk meneliti hal tersebut dapat dirumuskan bagaimana proses metode repitisi dalam memudahkan santri menghafal ayat Al-Qur‟an di Pondok Pesantren Nurussalam Sidogede Oku Timur Sumatera-Selatan, serta hasil dari metode repitisi dalam memudahkan santri menghafal di Pondok Pesantren Nurussalam Sidogede Oku Timur Sumatera-Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses metode repitisi di pondok pesantren, dan untuk mengetahui hasil dari proses metode repitisi dalam memudahkan santri menghafal Al-Qur‟an di pondok pesantren. Masalah yang terjadi di pondok pesantren yaitu santri baru yang masuk kedalam lingkungan pesantren banyak yang belum bisa menyesuaikan diri dan faktor eksternal banyak santri yang terpengaruh dengan orang lain tidak bisa mengatur waktu untuk menghafal, faktor internal kesehatan dan malas juga sangat mempengaruhi kecepatan menghafal. Oleh karena itu pemberian metode repitisi bertujuan untuk membantu membantu memberikan suatu metode menghafal dalam waktu yang cepat dan membuat hafalan lebih mutqin. Penelitian ini adalah field Reseach, menurut sifatnya penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan metedelogi kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara ter struktur, observasi non partisipan, dan metode dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dan disimpulkan menggunakan sumber data primer. Data primer diperoleh melalui purposive sampling dengan kriteria Sample penelitian terdiri dari 1 pemimpin pondok pesantren, 2 Ustadzah pembimbing tahfidz, dan 7 santri wati tahfidz. Permasalahan penelitian adalah bagaimana proses metode repitisi dalam memudahkan Santri menghafal Al-Qur‟an sehingga Santri dapat ii dengan mudah menyelesaikan hafalan Al-Qur‟an. Adapun proses metode repitisi dilakukan dengan tiga tahapan yaitu melihat dan tanpa melihat mazhab, membatin dalam hati dan menggunakan suara keras, serta mengulang ayat sebanyak 40 kali sampai benar-benar hafal baru setelahnya melanjutkan ke ayat yang berikutnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode repitisi yang diberikan kepada santri dengan berbagai prinsip dan proses memberi hasil sangat baik kepada santri sehingga membuat lebih paham tentang bagaimana menghafal saat padat kegiatan di pesantren, lebih mudah dalam mengambil sikap pada lingkungan sekitar dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT sesuai dengan syariat Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Oct 2021 02:41
Last Modified: 27 Oct 2021 02:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16149

Actions (login required)

View Item View Item