PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA SUBTEMA1 KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU KELAS IV SD/MI

Remona, Yulianita Putri (2021) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR PADA SUBTEMA1 KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU KELAS IV SD/MI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (736kB)
[thumbnail of SKRIPSI REMONA YULIANITA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan sangatlah penting bagi pengembangan dan peningkatan sumber daya manusia dan anak di masa mendatang dan merupakan harapan bagi orang tua, Pendidikan adalah suatu proses pelatihan dan pengajaran, Pendidikan mencakup segala macam pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala aspek kehidupan dan lingkungan yang didalamnya mempengaruhi individu. Media pembelajaran dalam penerapannya harus dapat memilih dan menyesuaikan media bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa juga tentunya berkesinambungan dengan materi ajar yang akan disampaikan. Pengembangan media buku cerita bergambar diharapkan dapat menjadi suatu alternaif belajar yang menarik serta menumbuhkan minat belajar peserta didik terutama dalam meningkatkan semangat belajar peserta didik hingga meningkatkan hasil prestasi peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Buku Cerita Bergambar, untuk mengetahui penilaian peserta didik dengan adanya media pembelajaran Buku Cerita Bergambar, dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Buku Cerita Bergambar berdasarkan penilaian validator. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Researchand Development dengan model ADDIE yang meliputi tahap analyze, design, development, implementation dan evaluation. Hasil dari penelitian ini adalah, media pembelajaran yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori valid dan layak digunakan berdasarkan penilaian ahli materi, dan ahli media. Respon peserta didik dari penggunaan media pembelajaran buku cerita bergambar pada uji kelompok kecil dan uji kelompok besar diperoleh kriteria sangat menarik dengan melihat hasil dari angket respon peserta didik yang sudah dibagikan dan mendapatkan hasil rata-rata presentase 92,6% pada uji skala kecil, dan 95,64% pada uji skalabesar. Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Buku Cerita Bergambar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Oct 2021 02:26
Last Modified: 26 Oct 2021 02:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16125

Actions (login required)

View Item View Item