IMPLEMENTASI MEDIA SANDPAPER LETTER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

TRI, INDAH SETIA (2021) IMPLEMENTASI MEDIA SANDPAPER LETTER DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI TRI INDAH SETIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan mengenal huruf adalah tahap perkembangan anak dari belum tahu tentang keterkaitan bentuk dan bunyi huruf, sehingga anak dapat mengetahui bentuk-bentuk huruf dan memaknainya. Mengembangkan bahasa anak dalam hal kemampuan mengenal huruf sangat penting karna kemampuan mengenal huruf merupakan komponen dari baca tulis. Maka dari itu anak usia dini harus dilatih perkembangan kemampuan mengenal hurufnya. Oleh sebab itu peneliti menggunakan media sandpaper letter sebagai salah satu media yang tepat untuk membantu anak mengembangkan kemampuan mengenal huruf. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi media sandpaper letter dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Negeri 2 Bandar Lampung. Penelitian ini penulis menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek guru dan peserta didik di kelas B1 Taman Kanak-Kanak Negeri 2 Sukarame Bandar Lampung. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada saat kegiatan media sandpaper letter dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak, dari kelima langkah tersebut guru sudah melakukan seluruhnya langkah-langkah akan tetapi media yang digunakan terbatas sehingga pada saat kegiatan pembelajaran anak secara bergantian untuk penggunaan media sandpaper letter. Dan untuk menjadi guru yang kreatif, guru dapat membuat media sandpaper letter dengan meminimalisir biaya yang dikeluarkan dalam pengembangan kemampuan mengenal huruf anak. Seperti contohnya membuat media dengan menggunakan barang bekas agar anak lebih antusias dan keingintahuan mereka bertambah dalam pengetahuan kegiatan pembelajaran. Kata Kunci : Media Sandpaper Letter, Kemampuan Mengenal Huruf

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:25
Last Modified: 25 Oct 2021 04:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16117

Actions (login required)

View Item View Item