ANALISIS MISKONSEPSI MATERI FOTOSINTESIS MENGGUNAKAN SOAL ESAI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP

Anis, Muriana (2021) ANALISIS MISKONSEPSI MATERI FOTOSINTESIS MENGGUNAKAN SOAL ESAI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ANIS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS MISKONSEPSI MATERI FOTOSINTESIS MENGGUNAKAN SOAL ESAI PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP Oleh : Anis Muriana Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi profil miskonsepsi peserta didik kelas VIII menggunakan soal esai terbatas dengan skoring skala Guttman pada materi fotosintesis di SMP Negeri 1 Sumberejo dan SMP Negeri 2 Sumberejo dan untuk mengetahui faktor- faktor yang menyebabkan terjadinya miskonsepsi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara pendidik dan peserta didik serta memberikan tes soal esai materi fotosintesis untuk mengetahui miskonsepsi peserta didik. Teknik pengambilan sampel peserta didik dalam penelitian ini adalah dengan teknik Random sampling. Hasil penelitian dalam tes miskonsepsi pada materi fotosintesis di SMP N 1 Sumberejo mengalami miskonsepsi dengan persentase 38,33%, paham konsep 37,66% dan tidak paham konsep 24% dan di SMP N 2 Sumberejo mengalami miskonsepsi dengan persentase 38,34%, paham konsep 35,83% dan tidak paham konsep 25,83%. Faktor-faktor untuk mengetahui penyebabkan miskonsepsi yang dialami pada peserta didik SMP N 1 Sumberejo dan SMP N 2 Sumberejo didapat dari hasil wawancara pendidik dan peserta didik bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi miskonsepsi yang dialami peserta didik yaitu dari pengetahuan awal yang dimiliki peserta didik tidak sesuai dengan konsep yang sudah disepakati oleh para ahli, penjelasan yang mereka dapat dari internet yang belum tentu benar, pendidik yang tidak menguasai konsep dengan baik sehingga salah pengertian dan diteruskan kepada peserta didik dapat menimbulkan miskonsepsi, peserta didik yang tidak memahmi materi yang disampaikan oleh pendidik dalam proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Buku pelajaran yang digunakan penggunaan bahasa oleh pengarang untuk memaparkan suatu konsep mungkin diartikan atau ditangkap berbeda oleh pendidik dan peserta didik. Kata Kunci : Fotosintesis, Miskonsepsi, Soal Esai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Oct 2021 04:08
Last Modified: 22 Oct 2021 04:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16105

Actions (login required)

View Item View Item