PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF Al-QUR’AN (ANALISIS Q.S AL-SHAFFAT AYAT 102-110)

Luthfiana, Fauziah Talhis (2021) PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF Al-QUR’AN (ANALISIS Q.S AL-SHAFFAT AYAT 102-110). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&2 luthfiana fauziah talhis 1611010205.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL luthfiana fauziah talhis 1611010205.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Di era globalisasi saat ini, upaya dalam mendidik anak merupakan tantangan besar bagi orang tua. Pertukaran budaya membuat beberapa kasus penyimpangan sosial yang dianggap lumrah. dan jika kondisi ini dibiarkan, maka anak sebagai generasi Islam akan tidak mempunyai dasar karakter yang kuat dalam menghadapi tantangan zaman. Dengan membekalinya dan menumbuhkan karakter yang Islami, anak akan terbentengi oleh budaya-budaya luar yang menyimpang. Untuk itu betapa pentingnya pendidikan karakter (akhlak) terutama bagi anak, karena anak adalah makhluk yang masih membawa kemungkinan untuk berkembang, baik jasmani maupun rohani. Al-Qur‟an datang membawa kisah-kisah yang berguna bagi pembinaan rohani manusia. Di dalam Al-Qur‟an itu sendiri terdapat kisah-kisah umat terdahulu, salah satu yang dapat diambil ibrah yakni kisah dari Nabi Ibrahim As . Adapun rumusan masalah yang dimaksud oleh penulis yaitu; apa saja nilai-nilai karakter yang terdapat dalam surah Al-Shaffat ayat 102-110 dan relevansinya terhadap pendidikan saat ini, serta bagaimana metode pendidikan karakter yang dilakukan para Nabi menurut Q.S Al-Shaffat ayat 102-110?. Dengan tujuan penelitian ialah untuk mengetahui apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam QS. al-Shaffat ayat 102-110 dan relevansinya terhadap dunia pendidikan saat ini, serta metode pendidikan karakter yang dilakukan para nabi menurut QS.Al-Shaffat ayat 102-110. Penelitian yang dilakukan penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research). Sedangkan menurut sifatnya tergolong kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Study Dokumentar (Dokumentar study). Strategi analisis yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan pola berfikir deduktif. Peneliti menggunakan tiga kitab tafsir, yaitu Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir al-Azhar dan Al- Misbah agar dapat memperluas dan mempertajam pemahaman tentang redaksi ayat yang akan diteiti. Setelah dilakukan penelitian dan analisis data, maka peneliti dapat menyimpulkan pendapat untuk menjawab permasalahan yang di angkat yaitu: pertama dalam Tafsir Ibnu Katsir terdapat Nilai-nilai karakter berupa nilai religius, jujur, kreatif, cinta tanah air/ nasionalisme, bersahabat/ komunikatif, peduli, tanggung jawab. Sedangkan Metode pendidikannya karakternya yaitu: Metode komunikasi intensif, dan menyiapkan lingkungan yang kondusif. Kedua, dalam Tafsir Al-Azhar terdapat Nilai-nilai karakter berupa nilai religius, cinta damai, toleransi, jujur, tanggung jawab dan iv mandiri. Sedangkan dalam Metode pendidikannya yaitu: metode motivasi rohani (doa), keteladanan, dan menyiapkan lingkungan yang kondusif. Ketiga, dalam Tafsir Al-Misbah terdapat Nilai-nilai karakter berupa nilai religius,cinta damai, rasa ingin tahu, disiplin, jujur, demokratis, kerja keras, bersahabat/komunikatif dan tanggung jawab. Sedang dalam Metode pendidikan karakternya yaitu dengan metode ketauladanan, dan metode komunikasi intensif. Dari keempat belas nilai karakter yang penulis temukan dalam menganalisis sumber data, penulis melihat adanya relevansi nilai karakter tersebut terhadap dunia pendidikan saat ini. Kata kunci: Al-Shaffat, Karakter, Pendidikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Oct 2021 02:33
Last Modified: 22 Oct 2021 02:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16095

Actions (login required)

View Item View Item