PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) DENGAN STRATEGY PQ4R (PREVIEW, QUESTION , READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA

Enneke, Adelia Miranda (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) DENGAN STRATEGY PQ4R (PREVIEW, QUESTION , READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI Enneke Adelia Miranda.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) dengan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap kemmapuan berfikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Sragi Lampung Selatan dengan pada siswa kelas XI IPA. Jenis penelitian yang peneliti gunakan yaitu penelitian kuantitatif. Dengan teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan intrumen soal essay dan dokumentasi. Populasi yang digunakan peneliti yakni 68 siswa, dengan menggunakan sampel populasi yakni dengan menggunakan semua populasi yang ada di SMAN 1 Sragi Lampung Selatan. Uji validitas menggunakan teknik korelasi product moment dari person. Sedangkan uji reliabelitas menggunakan teknik alpha cronbach dengan bantuan SPSS 17. Selanjutnya untuk mengetahui hasil data yang dikumpulkan dilakukan perhitungan dengan menggunakan uji independen simple t-tes. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran RTE dengan PQ4R terhadap kemampuan berfikir kritis siswa hal ini terlihat dari perhitungan yang menunjukkan bahwa nilai signifikan = 0,000 < 0,025. Dengan demikian nilai signifikan <  pada taraf signifikan 5 % maka hipotesis Ha diterima hal ini berarti adanya pengaruh model pembelajaran RTE dengan kemampuan berfikir kritis siswa Kata Kunci : Model RTE dengan PQ4R, Berfikir Kritis siswa ABSTRACT This study aims to determine the effect of the Rotating Trio Exchange (RTE) learning model with the PQ4R strategy (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) on students' critical thinking skills. This research was conducted at SMAN 1 Sragi, South Lampung with the students of class XI science. The type of research that researchers use is quantitative research. The data collection technique is using essay questions and documentation instruments. The population used by the researcher is 68 students, using a population sample that is by using all the population in SMAN 1 Sragi South Lampung. The validity test uses the product moment correlation technique of the person. While the reliability test used the alpha cronbach technique with the help of SPSS 17. Furthermore, to determine the results of the data collected, calculations were carried out using a simple t-test independent test. Based on the results of this study, it can be concluded that there is an effect of the RTE Learning Model with PQ4R on students' critical thinking skills, this can be seen from the calculations which show that the significant value = 0.000 < 0.025. Thus the significant value < at a significant level of 5%, the hypothesis Ha is accepted, this means that there is an influence of the RTE learning model with students' critical thinking skills. Keywords: RTE model with PQ4R, students' critical thinking

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Oct 2021 05:32
Last Modified: 21 Oct 2021 05:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16074

Actions (login required)

View Item View Item