KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PESERTA DIDIK ANALISIS KITAB ADABUL ALIM WAL MUTA’ALLIM PEMIKIRAN KH.HASYIM ASY’ARI

Nikita, Ayu Rosaliana (2021) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK PESERTA DIDIK ANALISIS KITAB ADABUL ALIM WAL MUTA’ALLIM PEMIKIRAN KH.HASYIM ASY’ARI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Nikita Ayu Rosaliana_1711010105.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan merupakan faktor yaang sangat penting dalam kehidupan manusia. Tujuan utama pendidikan dalam Islam adalah pembentukan akhlak sehingga anak didik menjadi orang yang bermoral, berjiwa bersih, memiliki kemauan yang keras, cita-cita yang benar, mengetahui kewajiban dan melaksanakannya dengan selalu mengingat Allah SWT dalam setiap perbuatannya. Apabila kita menyaksikan potret umum pendidikan di negri ini, baik formal maupun non formal, sering kali kita mengelus dada melihat prilaku peserta didik yang menyimpang dari pendidikan akhlak yang semestinya,contohnya banyak peserta didik yang cenderung membantah kepada guru, bahkan menganiaya guru . Hal tersebut tentu membuat kita miris melihatnya. Oleh sebab itu, kesadaran akan pentingnya penanaman pendidikan akhlak bagi peserta didik menjadi sesuatu yang sangat di butuhkan. Berangkat dari latar belakang semacam inilah, sehingga para ulama terdahulu hingga sekarang terdorong untuk memformulasikan pemikiran- pemikiran mereka dalam bentuk karangan mengenai pendidikan akhlak terutama dalam peserta didik. Ada beberapa Tokoh seperti KH Hasyim Asy’ari dalam kitab Adabul Alim Wal Muta’allim. Penelitian ini bertujuan untuk mengenal dan mengetahui bagaimana pendidikan akhlak pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi untuk mengetahui pendidikan akhlak pada peserta didik. Dan menggunakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif analisis Dimana datanya di peroleh melalui sumber linteratur, yaitu melalui riset kepustakaan. Dengan menghimpun informasi yang relevan dengan mencari buku-buku ataupun data lainnya yang berkaitan dengan pokok pembahasan. Serta teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis isi atau (Content Analysis). Hasil penelitian ini di simpulkan bahwa Pendidikan Akhlak pada peserta didik analisis kitab adabul alim wal muta’allim pemikiran KH Hasyim Asy’ari dapat diambil kesimpulan bahwa Pendidikan Akhlak peserta didik yang ditekankan beliau dalam kitab tersebut memiliki tiga macam yaitu Akhlak Pribadi Peserta Didik, Akhlak Peserta Didik Kepada Pendidik, Akhlak Pesera Didik Dalam Belajar dengan tujuan yang diharapkan bisa mewujudkan tatanan peserta didik yang berakhlak baik, mulia dan berbudi pekerti luhur. Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Peserta Didik, Kitab Adabul Alim Wal Muta’allim, KH Hasyim Asy’ari iiABSTRACT Education is a very important factor in human life. The main purpose o education in Islam is the formation of morals so that students become moral, clean-spirited, have a strong will, have the right ideals, know their obligations and carry them out by always remembering Allah SWT in every action. When we see the general portrait of education in this country, both formal and non- formal, we often touch the chest to see the behavior of students who deviate from proper moral education, for example, many students tend to argue with teachers, even persecuting teachers. It certainly makes us sad to see it. Therefore, awareness of the importance of inculcating moral education for students is something that is very much needed. Departing from this kind of background, so that the previous scholars until now are encouraged to formulate their thoughts in the form of essays on moral education, especially in students. There are several figures such as KH Hasyim Asy‟ari in the Adabul Alim Wal Muta‟allim book. This study aims to recognize and find out how moral education is for students. This study uses the documentation method to determine the mral education of students. And using a type of library research using a qualitative descriptive analysis approach. Where the data is obtained through literature sources, namely through literature library research. By collecting relevant information by looking for books or other data related to the subject of discussion. As well as the data analysis teacnique using content analysis teachniques. The results of this study concluded that the moral education of students in the analysis of the book of Adabul Alim Wal Muta‟allim, the thoughts of KH.Hasyim Asy‟ari, it can be concluded that the moral education of students which he emphasized in the book has three kinds, namely the personal character of students, the morals of students to educators, morals of students in learning with the expected goal of realizing the order of students who have good morals, are noble and have virtuous character. Keywords : Moral Education, Students, Adabul Alim Wal Muta’allim book, KH.Hasyim Asy’ari

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Oct 2021 04:38
Last Modified: 21 Oct 2021 04:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16070

Actions (login required)

View Item View Item