ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA DESA TAMAN BUKIT RAYA (TABURA) PELAYANGAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DALAM PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Desa Pujorahayu Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran)

DEFI, CANDRA (2021) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA DESA TAMAN BUKIT RAYA (TABURA) PELAYANGAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DALAM PRESPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Desa Pujorahayu Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of FULL SKRIPSI DEFI CANDRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Defi Candra Bab I & II.pdf] PDF
Download (704kB)

Abstract

ABSTRAK Secara umum pariwisata merupakan perjalanan yang dilakukan oleh seseorang dalam jangka waktu tertentu dari suatu tempat ketempat lain selain tempat tinggalnya dengan melakukan perencanaan sebelumnya, dan tujuanya untuk rekreasi atau suatu kepentingan sehingga keinginan dapat terpenuhi. Pariwisata memiliki peran yang penting dalam pengembangan ekonomi diberbagai Negara di dunia. Dengan adanya Objek Wisata memberikan kesempatan yang menjanjikan untuk kegiatan ekonomi sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dengan melakukan usaha kecil. Sebagaimana penelitian yang dilakukan penulis yaitu wisata desa Taman Bukit Raya. Rumusan masalah dalam penelitian yang dilakukan penulis adalah bagaimana strategi pengembangan wisata desa Taman Bukit Raya dalam meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Pujorahayu Kecamatan Negeri Katon dan untuk mengkaji bagaimana pandangan Ekonomi Islam terhadap strategi pengembangan wisata dalam meningkatkan pendapatan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pengembangan wisata daerah dalam meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Pujorahayu Kecamatan Negeri Katon dan bagaimana pandangan ekonomi terhadap strategi pengembangan wisata desa dalam meningkatkan pendapatan masyarakat. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, wawancara dan kuisioner. Terbentuknya wisata desa Taman Bukit Raya memberikan manfaat yang positif dalam peningkatan pendapatan masyarakat. Keberadaan wisata desa Taman Bukit Raya memberikan kontribusi yang besar bagi masyarakat yaitu dapat menyerap tenaga kerja untuk masyarakat sekitar dan sudah sesuai dengan teori ekonomi islam yaitu ijarah yaitu sewa, yang memberikan pelayanan jasa berupa manfaat, kenyamanan dalam berwisata. Pelayanan Wisata desa Taman Bukit Raya juga sudah sesuai dengan prinsip-prinsip pariwisata syariah yaitu terdapat tempat ibadah dan tersedianya makanan dan minuman yang halal bagi pengunjung. Kata Kunci: Pengembangan Objek Wisata, Pendapatan, dan Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Oct 2021 03:56
Last Modified: 15 Oct 2021 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16039

Actions (login required)

View Item View Item