PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU PINTAR BIOLOGI BERBASIS NILAI KEISLAMAN UNTUK PESERTA DIDIK TUNARUNGU DAN TUNANETRA KELAS XI SMALB

Nusa, Intan Asy Syifa (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU PINTAR BIOLOGI BERBASIS NILAI KEISLAMAN UNTUK PESERTA DIDIK TUNARUNGU DAN TUNANETRA KELAS XI SMALB. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (9MB)
[thumbnail of SKRIPSI Nusa Intan Asy Syifa_1711060083.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU PINTAR BIOLOGI BERBASIS NILAI KEISLAMAN UNTUK PESERTA DIDIK TUNARUNGU DAN TUNANETRA KELAS XI SMALB Oleh Nusa Intan Asy Syifa Penelitian yang dilakukan ditujukan guna mengembangkan kartu pintar biologi. Dalam hal ini pengembangan yang dilakukan diharapkan mampu untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di kelas XI SMALB pada materi sistem pencernaan pada manusia. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kelayakan serta keefektifan kartu pintar biologi berbasis nilai keislaman. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan prosedur Borg and Gall sampai pada tahapan 9. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dari beberapa ahli, persentase validasi ahli media sebesar 98,5%, validasi ahli materi sebesar 97,32%, validasi ahli bahasa 98,12%, serta respon peserta didik tunarungu mendapatkan persentase sebesar 92,02%, peserta didik tunanetra mendapatkan persentase 93,92% dengan kriteria seluruhnya “Sangat Layak”. Lalu kefektifan pada media dilihat berdasarkan hasil uji Paired Sample t-Test dengan mendapatkan hasil 0,00 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil rata – rata nilai N-Gain angket motivasi awal dan akhir untuk peserta didik tunarungu yaitu sebesar 0,61 dengan kriteria sedang serta peserta didik tunanetra yaitu sebesar 0,63 dengan kriteria sedang. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media kartu pintar biologi berbasis nilai keislaman pada materi sistem pencernaan pada manusia dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik tunarungu dan tunanetra kelas XI SMALB di SLB-A Bina Insani dan SLB Dharma Bhakti, Bandar Lampung. Kata Kunci : Peserta Didik Tunarungu, Peserta Didik Tunanetra, Kartu Pintar Biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Oct 2021 03:54
Last Modified: 15 Oct 2021 03:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16038

Actions (login required)

View Item View Item