ANALISIS IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN TRANSAKSI JUAL BELI DI PASAR TRADISIONAL (Studi Pada Pasar Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan)

Mawar, Angelia Febriana (2021) ANALISIS IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN TRANSAKSI JUAL BELI DI PASAR TRADISIONAL (Studi Pada Pasar Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skirpsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of skripsi bab1 -bab 5.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kegiatan jual beli merupakan kegiatan tukar menukar barang atau uang kepemilikannya secara permanen. Salah satu tempat jual beli adalah pasar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan zaman dan perkembangan ekonomi yang sangat pesat sehingga terjadinya sebuah persaingan yang tinggi. Etika bisnis merupakan prinsip-prinsip moral atau aturan tingkah laku atau kaidah-kaidah etik yang di anut dalam berbisnis. Etika bisnis Islam adalah akhlak dalam menjalankan bisnis sesuai dengan nilai-nilai Islam, sehingga dalam menjalankan bisnisnya tidak ada kekhawatiran. Sebab sudah diyakini suatu yang benar dan baik. Etika yang baik mencakup honesty, reability, loylitas disiplin. Pemasalahan dalam penelitian ini adalah rendah nya kepercayaan sehingga masih terdapat kecurangan penjual dalam menjual barang dagangannya. seperti yang terjadi di pasar Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Antara lain pengurangan takaran dalam timbangan, pengoplosan barang kualitas bagus dengan barang buruk, menyembunyikan cacat pada barang dan lain sebagainya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Sumber data penelitian berupa data primer dan data sekunder. Jumlah sampel pedagang 30 Responden dan jumlah sampel pembeli 45 Responden. Dari hasil penelitian yang peneliti dapat bahwa di Pasar Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Bahwa di pasar Jatimulyo pedagang menggunakan teori deontologi dimana para pedagang bertanggung jawab atas barang yang rusak. Implementasi etika bisnis Islam, apabila dilihat dari lima indikator sebagai tolak ukur, bahwa indikator pinsip kehendak bebas, tanggung jawab, dan keadilan telah diterapkan dipasar Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Sedangkan dilihat dari jawaban para pembeli mengenai prinsip kebijakan dan kesatuan belum ditarapkan dengan baik di Pasar Jatimulyo. Jika dilihat dari peningkatan kepercayaan terdapat tiga indikator yang dijadikan tolak ukur yaitu kemampuan, kebaikan hati dan kejujuran telah ditarapkan dan dilaksanakan dengan baik di pasar Jatimulyo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Jual Beli, Pasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Oct 2021 03:30
Last Modified: 15 Oct 2021 03:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16037

Actions (login required)

View Item View Item