PERAN DINAS PERHUBUNGAN KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PENGENDALIAN DAN PENGAWASAN PARKIR LIAR MENURUT PERSPEKTIF FIQH SIYASAH

ROBBY, KURNIA (2021) PERAN DINAS PERHUBUNGAN KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PENGENDALIAN DAN PENGAWASAN PARKIR LIAR MENURUT PERSPEKTIF FIQH SIYASAH. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRPSI ROBBY KURNIA NEW FIX KIRIM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tempat parkir merupakan elemen penting dari sistem transportasi. akibat dari kurangnya lahan parkir di beberapa tempat, munculah para juru parkir liar yang menggunakan badan jalan sebagai tempat parkir, yang tidak lain adalah warga di sekitar daerah tersebut. Fenomena seperti ini seharusnya sudah menjadi perhatian pemerintah Kota Bandar Lampung dikarenakan adanya parkir liar yang menggunakan badan jalan sangat mengganggu kelancaran arus lalu lintas di jalan tersebut dan mengakibatkan jalan sempit yang pada akhirnya membuat kemacetan pada daerah tertentu dan berhak mendapatkan teguran dan diberikan sanksi. Penelitian ini difokuskan pada peran Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung dalam melakukan pengendalian dan pengawasan parkir liar menurut perspektif fiqh siyasah. Adapun permasalahannya adalah bagaimana Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung dalam mengendalikan dan mengawasi parkir liar di kota Bandar Lampung. Tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui peran dinas perhubungan kota bandar lampung dalam melakukan pengendalian dan pengawasan parkir liar menurut perspektif fiqh siyasah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan sifat penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian hasilnya dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian dinas perhubungan kota bandar lampung dalam melakukan pengendalian dan pengawasan parkir liar di sepanjang jalan kota bandar lampung khususnya di pusat perbelanjaan dan tempat hiburan belum maksimal. Ditandai masih banyaknya keluhan masyarakat dan kurangnya pengawasan serta teguran yang dilakukan dinas perhubungan kota bandar lampung kurang mengenai sasaran dan tidak terus-menerus dilakukan. Pandangan perspektif fiqh siyasah terhadap peran dinas perhubungan kota bandar lampung dalam pengendalian dan pengawasan parkir liar di sepanjang jalan kota bandar lampung belum maksimal tetapi dinas perhubungan kota bandar lampung dalam pengendalian dan pengawasan parkir liar di kota bandar lampung telah sesuai dengan unsur-unsur agama islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Oct 2021 07:08
Last Modified: 14 Oct 2021 07:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16032

Actions (login required)

View Item View Item