ANLISIS MANFAAT KEGIATAN KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI TERHADAP KETAHANAN PANGAN KELUARGA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Kecamatan Sukarame, kelurahan way dadi baru )

Lia, Aprianti (2021) ANLISIS MANFAAT KEGIATAN KAWASAN RUMAH PANGAN LESTARI TERHADAP KETAHANAN PANGAN KELUARGA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Kecamatan Sukarame, kelurahan way dadi baru ). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan ketahanan pangan, Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan telah meluncurkan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Program ini dilakukan melalui upaya pemberdayaan kelompok wanita baik di kawasan pedesaan ataupun perkotaan dalam mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi. Pemberdayaan kelompok wanita dipilih karena wanita memiliki peran strategis di rumah tangga dalam penyediaan pangan dan memiliki potensi besar untuk dapat diberdayakan. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana manfaat yang di dapat setelah adanya kegiatan kawasan rumah pangan lestari di kecamatan Sukarame dan bagaimana manfaat kawasan rumah pangan lestari terhadap ketahanan pangan keluarga dalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manfaat kawasan rumah pangan lestari terhadap ketahanan pangan keluarga di kecamatan Sukarame dan mengetahui manfaat kawasan rumah pangan lestari terhadap ketahanan pangan keluarga dalam perspektif ekonomi Islam di kecamatan Sukarame. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Memanfaakan sumber data primer dan data sekunder, dengan menggunakan populasi 40 anggota kawasan rumah pangan lestari. Sebagai data primer yaitu data yang di peroleh dari anggota kawasan rumah pangan lestari dan masyarakat sekitar, sedangkan data sekunder di peroleh dari referensi yang berkaitan dengan masalah yang di teliti. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa program Kawasan Rumah Pangan Lestari berdampak positif bagi rumah tangga dalam mengurangi pengeluaran untuk konsumsi pangan. Pengurangan pengeluaran kelompok pangan terbesar secara berturut turut adalah kelompok sayur, umbi, hasil ternak dan ikan. Selain itu Kawasan Rumah Pangan Lestari dapat meningkatkan pendapatan rumah tangga peserta program. Merangsang tumbuhnya ekonomi produktif di pedesaan seperti : usaha pembibitan, teknologi penetasan telur ayam, usaha pengolahan hasil pertanian dan usaha dagang hasil pertanian.Keberhasilan program Kawasan Rumah Pangan Lestari sangat di tentukan oleh identifikasi potensi sumber iii daya lahan pekarangan, kapasitas SDM petani sebagai pengelolaan lahan pekarangan, teknologi spesifik lokasi lahan pekarangan, dan kelembagaan pengelola Kawasan Rumah Pangan Lestari dalam mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan. Kata Kunci : Kawasan Rumah Pangan Lestari, Ketahanan Pangan, keluarga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:19
Last Modified: 14 Oct 2021 04:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16027

Actions (login required)

View Item View Item