TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PELAKSANAAN PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NO. 4 TAHUN 2018 TENTANG KEWAJIBAN RUMAH SAKIT DAN KEWAJIBAN PASIEN DALAM PELAYANAN KESEHATAN (Studi di Rumah Sakit Umum Daerah Pringsewu)

YUYUN, DWI RISTIANA (2021) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PELAKSANAAN PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NO. 4 TAHUN 2018 TENTANG KEWAJIBAN RUMAH SAKIT DAN KEWAJIBAN PASIEN DALAM PELAYANAN KESEHATAN (Studi di Rumah Sakit Umum Daerah Pringsewu). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI YUYUN DWI RISTIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam Peraturan Menteri kesehatan Nomor 4 Tahun 2018 tentang Kewajiban Rumah Sakit dan Kewajiban Pasien di RSUD Pringsewu yang menyatakan bahwa pemerintah bertanggung jawab menyelenggarakan urusan pemerintah dalam bidang kesehatan di kabupaten/kota. Namun dalam Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit tersebut sering menimbulkan keluhan-keluhan dari Ketidakpuasan pasien khususnya berasal dari kurangnya kualitas pelayanan terhadap pasien di dalam perawatan, dan prosedur pelayananya kurang, seperti Perawat dan tenaga penunjang medis serta non-medis yang bertugas dirumah sakit seharusnya lebih memahami cara memberi pelayanan konsumennya dengan baik terutama kepada pasien dan keluarga, serta lambatnya petugas dalam menangani keluhan dari masyarakat. Oleh karena itu membuat penulis tertarik untuk membahas dengan Rumusan masalah: Bagaimana pelaksanaan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 4 Tahun 2018 di RSUD pringsewu, kemudian Bagaimana tinjauan Fiqh Siyasah terhadap pelaksanaan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 4 Tahun 2018. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (feild reaserch), dengan sifat penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung antara peneliti dengan narasumber, kemudian hasilnya dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan praktek pelayanan kesehatan di RSUD Pringsewu belum terlaksana dengan cukup baik dilihat dari sarana, prasarana maupun fasilitas yang ada. Dalam hal ini dengan yang telah ditentukan dalam Peraturan Menteri kesehatan Nomor 4 Tahun 2018 tentang Kewajiban Rumah Sakit dan Kewajiban Pasien bahwasanya pelayanan yang ada di RSUD Pringsewu dikatakan belum terlaksana dengan cukup baik. Tinjauan fiqh siyasah terhadap pelayanan yang ada belum berjalan sesuai QS.Annisa:59 karena Islam kerap mengajarkan kita untuk mentaati perintah ulil Amri. Kata Kunci : Fiqh Siyasah, Kewajiban Rumah Sakit dan Kewajiban Pasien

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Oct 2021 03:06
Last Modified: 14 Oct 2021 03:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16022

Actions (login required)

View Item View Item