PENGARUH BOOK TAX DIFFERENCE, TINGKAT HUTANG, KONSENTRASI PASAR TERHADAP PERSISTENSI LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Aneka Industri yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Periode 2016-2019)

PIKA, LORENZA (2021) PENGARUH BOOK TAX DIFFERENCE, TINGKAT HUTANG, KONSENTRASI PASAR TERHADAP PERSISTENSI LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Aneka Industri yang Terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Periode 2016-2019). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Informasi laba merupakan informasi penting dalam pengambilan keputusan, keputusan yang baik akan didapat apabila laba berkualitas. Laba yang berkualitas adalah laba yang mampu memprediksi laba masa yang akan datang. Persistensi laba mencerminkan kualitas laba dan kemampuan perusahaan dalam mempertahankan laba dari waktu ke waktu. Book tax differences dapat mempengaruhi persistensi laba dikarenakan terdapat perbedaan pengakuan penghasilan dan beban menurut standar akuntansi dan peraturan perpajakan. Faktor lainnya yang dapat mempengaruhi persistensi laba adalah tingkat hutang dan konsentrasi pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh book tax differences, tingkat hutang dan konsentrasi pasar terhadap persistensi laba. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian secara kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor aneka industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2019. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 8 perusahaan sehingga total sampel selama kurun waktu empat tahun adalah 32 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel dan diolah dengan software eviews 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa book tax differences berpengaruh pisitif signifikan terhadap perisistensi laba, tingkat hutang tidak berpengaruh signifikan terhadap persistensi laba, dan konsentrasi pasar berpengaruh posistif signifikan terhadap persistensi laba. Secara simultan, book tax differences, tingkat hutang dan konsentrasi pasar berpengaruh signifikan terhadap persistensi laba. Kata Kunci: Persistensi Laba, Book Tax Differences, Perbedaan Permanen , Perbedaan Temporer, Tingkat Hutang, Konsentrasi Pasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Oct 2021 07:43
Last Modified: 13 Oct 2021 07:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16010

Actions (login required)

View Item View Item