PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN MAHASISWA (Studi Pada Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)

Nanda, Laras Ayu (2021) PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN MAHASISWA (Studi Pada Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL NANDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN MAHASISWA (Studi Pada Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama-Agama Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung) Oleh Nanda Laras Ayu Perilaku keagamaan merupakan suatu bentuk perilaku yang mana mencerminkan nilai-nilai agama yang terkandung didalamnya. Dalam diri manusia terdapat dua unsur yaitu usur jasmani dan unsur rohani. Unsur jasamani bisa didapatkan melalui makanan dan minuman sedangkan unsur rohani berupa nilai-nilai spiritual keagamaan. Perkembangan globalisasi membuat mahasiswa menjadi akarab dengan smartphone sehingaa membuatnya menjadi jauh dengan nilai-nilai keagaman. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh media sosial terhadap perilaku keagamaan pada mahasiswa di Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Raden Intan Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media sosial (X) terhadap perilaku keagamaan mahasiswa (Y). Hipotesis dalam penelitian ini ialah terdapat hubungan antara media sosial dengan perilaku keagamaan mahasiswa. responden dalam penelitian ini merupakan Mahasiswa aktif tahun ajaran 2020 semester ganjil Strata 1 Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama-Agama Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, dengan jumlah populasi 2.608 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode proposionate stratified random sampling, sehingga diperoleh jumlah 96 orang yang digunakan sebagai sample. Skala media sosial dalam penelitian ini mendapatkan nilai reabilitas sebesar 0,802 dengan kolerasi aitem validitas total antara 0,366-0,688. Sementara untuk skala perilaku keagamaan mahasiswa mendapatkan nilai reabilitas sebesar 0,851 dengan kolerasi aitem validitas total antara 0,376-0,675. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat hubungan antara media sosial terhadap perilaku keagamaan mahasiswa yaitu sebesar 0,416 dan dengan uji linieritas diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05. Hasil nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,173. Hal ini menunjukan bahwa pengaruh yang diberikan oleh variabel penggunaan media sosial terhadap perilaku keagamaan mahasiswa sebesar 17,3% sedangkan sebesar 82,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya. Kata kunci: media sosial, perilaku keagamaan mahasiswa iiABSTRACT THE INFLUENCE OF SOCIAL MEDIA ON RELIGIOUS BEHAVIOR OF STUDENTS (Studies at the Faculty of Ushuluddin and Studies of Religions, Raden Intan State Islamic University, Lampung) By Nanda Laras Ayu Religious behavior is a form of behavior which reflects the religious values contained therein. In humans there are two elements, namely physical age and spiritual elements. The physical element can be obtained through food and drink, while the spiritual element is in the form of religious spiritual values. The development of globalization has made students become familiar with smartphones so that they become distant from the values of diversity. The formulation of the problem in this study is how the influence of social media on religious behavior in students at the Ushuluddin Faculty and Religious Studies at UIN Raden Intan Lampung. This study aims to determine how much influence social media (X) has on students' religious behavior (Y). The hypothesis in this study is that there is a relationship between social media and students' religious behavior. Respondents in this study were active students in the academic year 2020 odd semester Strata 1, Faculty of Ushuluddin and Religious Studies, Raden Intan State Islamic University, Lampung, with a population of 2,608 people. The sampling technique used the proposionate stratified random sampling method, in order to obtain a total of 96 people who were used as samples. The scale of social media in this study obtained a reliability value of 0.802 with a correlation of total validity items between 0.366-0.688. Meanwhile, for the scale of religious behavior, students get a reliability value of 0.851 with a total validity item correlation between 0.376-0.675. Based on the results of data analysis, there is a relationship between social media and students' religious behavior, which is 0.416 and with the linearity test, the sig value is 0.000 <0.05. The result of the coefficient of determination (R2) is 0.173. This shows that the influence given by the social media use variable on students' religious behavior is 17.3%, while the remaining 82.7% is influenced by other variables. Keywords: social media, student religious behavior Keywords: social media, student religious behavior

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Oct 2021 04:48
Last Modified: 13 Oct 2021 04:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16000

Actions (login required)

View Item View Item