PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi di SMA Al Kautsar dan SMA Al Azhar Kota Bandar Lampung)

Elvy, Risdalina (2021) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi di SMA Al Kautsar dan SMA Al Azhar Kota Bandar Lampung). PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of disertasi  dari caver sampai bab 2 dan dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of DISERTASI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)

Abstract

ABSTRAK Peran kepala sekolah dalam memimpin lembaga pendidikan menjadi sangat penting terutama dalam menentukan arah dan kebijakan pendidikan yang dibangun. Sebagai pemimpin tunggal, kepala sekolah merupakan salah satu faktor penentu yang dapat mendorong sekolah mewujudkan visi, misi, tujuan dan sarana melalui berbagai program yang dilaksanakan secara terencana demi mewujudkan sekolah yang bermutu. Maka tujuan dari penelitan ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu melalui standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses dan Standar Penilaian. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan jenis rancangan studi kasus. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu : observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan dua tahap yaitu : analisis data kasus individu dan analisis data lintas kasus. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah : Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, Komite Sekolah dan Siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : Pertama, Standar Kompetensi Lulusan di SMA Al Kautsar lulusannya mampu bersaing pada perguruan tinggi terkemuka baik tingkat negeri maupun swasta, Lulusan dari SMA Al Kautsar Bandar Lampung siswa dituntut menghafal juz 30 bagi siswa kelas khusus dan minimal 1 juz siswa untuk kelas umum, lulusan SMA Al Kautsar diwajibkan mengusai 3 bahasa yaitu bahasa Inggris, bahasa Arab, bahasa Jerman/Prancis. Sedangkan Standar Kompetensi Lulusan di SMA Al Azhar Bandar Lampung SMA Al Azhar memiliki standar akademik yang sangat baik dan memiliki standar Non akademik yang cukup baik juga Lulusan dari SMA Al Azhar Bandar Lampung siswa dituntut menghafal juz 30 atau minimal hafal 1 juz. Kedua, hasil analisis Standar Isi di SMA Al Kautsar dan SMA Al Azhar sudah menerapan Kurikulum 2013 yang diterapkan pada kelas X, XI dan XII. Sementara itu, sekolah ditetapkan sebagai piloting dalam pelaksanaan kurikulum 2013 pada tahun pelajaran 2019/2020. Ketiga, Kepala Sekolah SMA Al Kautsar maupun Kepala Sekolah SMA Al Azhar di dalam proses pembelajaran selalu memantau keadaan sekolah ketika sedang pembelajaran mulai berlangsung, untuk memudahkan mengamati siswa dan guru dalam pelaksanaan KBM dengan menggunakan alat teknologi CCTV. Keempat, Standar Penilaian di SMA Al-Kautsar menetapkan ketuntasan belajar minimal yang berbeda-beda untuk setiap mata pelajaran dan setiap tingkat kelas. Berbeda dengan SMA Al Azhar standar sistem penilaiannya mengikuti sistem dari pemerintah dan sistem standar penilaian khusus dari yayasan. Serta penilaiannya sudah mengacu pada kurikulum 2013. Kata Kunci :Peran Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan ABSTRACT The role of the headmaster in leducational institution very important especially in policy of education. As the sole leader, the headmaster is one of the determining factors that can the school to realize its vision, mission, goals and facilities through programs implemented in a planned manner to realize a quality school. The purpose of this research is to describe and analyze the role of the headmaster in improving the quality through Graduate Competency Standards, Content Standards, Process Standards, Assessment standards. This research uses a qualitative descriptive approach, with a type of case study design. Techniq of collection data are by three ways: observation, interview and documentation. Then the data is analyzed with two stages : analysis of individual case data and cross-case data analysis. While the data sources in this research are: Headmaster, Vice of headmaster, Teachers, School Committees and Students. The results of this research are, First, The Standard of Competency of Graduates at Al Kautsar High School graduates are able to compete ofsuccessfully accepted at public universities and private universities, Graduates of Al Kautsar High School Bandar Lampung students are must to memorize juz 30 for special class and 1 juz for public classes, Al Kautsar high school graduates are should be able to 3 languages namely English, Arabic, German/French. While the Competency Standard of Graduates at Al Azhar High School Bandar Lampung has excellent academic standards and has good non-academic standards as well. Graduates of Al Azhar High School Bandar Lampung students are must to memorize juz 30 or at least memorize 1 juz. Second, The results of the Analysis of Content Standards at Al Kautsar High School and Al Azhar High School have implemented the 2013 Curriculum applied to grades X, XI and XII. Meanwhile, the school as trial in the implementation of the 2013 curriculum inschool year of 2019/2020 . Third, the headmaster of Al Kautsar High School and the headmaster of Al Azhar High School in the learning process always monitor of learning, to facilitate the observing of students and teachers in the implementation of learning by using CCTV technology tools. Fourth, the assessment standard at Al-Kautsar High School sets different completions the minimum standar of learning. In contrast to Al Azhar High School the assessment standard by system of the government and the special assessment standard system of the foundation. As well as the assessment already refers to the curriculum 2013. Keywords: Role of HeadMaster, Quality of education ﺺﺧﻼﻤﻟا ﻦﻣ ﺪﺣاو ﻮھ ﺔﺳرﺪﻤﻟا ﺲﯿﺋر .ﻢﯿﻠﻌﺘﻟا ﺔﺳﺎﯿﺴﯿﻓ ًﺎﺻﻮﺼﺨﻣ,ًاﺪﺟ ًﺎﻤﮭﻣ ﺔﺳرﺪﻤﻟا ةرﺎﻣا ﻲﻓ ﺔﺳرﺪﻤﻟا ﺲﯿﺋر رود ﺢﺒﺼﯾو ﻦﻣ ﺞﻣاﺮﺑ ﻞﻤﻌﯾ ﻦﻣو ﺎﮭﻓاﺪھأو ، ﺎﮭﺘﻟﺎﺳرو ، ﺎﮭﺘﯾؤر ﻖﯿﻘﺤﺗ ﻰﻠﻋ ﺔﺳرﺪﻤﻟا ﻊﺠﺸﺗ نأ ﻦﻜﻤﯾ ﻲﺘﻟا ﺔﻤﺳﺎﺤﻟا ﻞﻣاﻮﻌﻟا لﻼﺧ ﻦﻣ ةدﻮﺠﻟا ﻦﯿﺴﺤﺗ ﻲﻓ ﺔﺳرﺪﻤﻟا ﺲﯿﺋر رود نﻮﻜﯾ ﻒﯿﻛ :ﻲھ ﺚﺤﺒﻟا ﺔﻠﺌﺴﻣو .ةﺪﯿﺠﻟا ﺔﺳرﺪﻤﻟا ﻖﯿﻘﺤﺗ ﻞﺟأ و رﺎﺗﻮﻜﻟا ﺔﯿﻟﺎﻌﻟاﺔﺳرﺪﻣ ﻲﻓ ﺔﺳارد) ؟ﻢﯿﯿﻘﺘﻟا ﺮﯿﯾﺎﻌﻣو تﺎﯿﻠﻤﻌﻟا ﺮﯿﯾﺎﻌﻣو ،ىﻮﺘﺤﻤﻟا ﺮﯿﯾﺎﻌﻣو ،ﻦﯿﺠﯾﺮﺨﻟا ةءﺎﻔﻛ ﺮﯿﯾﺎﻌﻣ (ﺞﻧﻮﺒﻣﻻ رﺪﻨﺑ ﺮھزﻷا ﺔﯿﻟﺎﻌﻟاﺔﺳرﺪﻣ ﻦﯿﺴﺤﺗ ﻲﻓ ﺔﺳرﺪﻤﻟا ﺲﯿﺋر رود ﻞﯿﻠﺤﺗو ﻒﺻو ﻮھ ﺚﺤﺒﻟا اﺬھ ﻦﻣ ضﺮﻐﻟا نإ ، ةرﻮﻛﺬﻤﻟا ﺚﺤﺒﻟا ﺔﻠﺌﺴﻤﻟ ًﺎﻘﻓو ﺚﺤﺒﻟا اﺬھاﺬﻜھو .ﻢﯿﯿﻘﺘﻟا ﺮﯿﯾﺎﻌﻣو تﺎﯿﻠﻤﻌﻟا ﺮﯿﯾﺎﻌﻣو ىﻮﺘﺤﻤﻟا ﺮﯿﯾﺎﻌﻣو ﻦﯿﺠﯾﺮﺨﻟا ةءﺎﻔﻛ ﺮﯿﯾﺎﻌﻣ لﻼﺧ ﻦﻣ ةدﻮﺠﻟا :ﻲھ ﺚﺤﺒﻟا اﺬھ ﻦﻣ تﺎﻧﺎﯿﺒﻟا ﻊﻤﺟ و .ﺔﻟﺎﺤﻟا ﺔﺳارﺪﺑ تﻼﺑﺎﻘﻤﻟاو ةﺮﺷﺎﺒﻤﻟا ﺔﻈﺣﻼﻤﻟا ثﻮﺤﺒﻟا لﻼﺧ ﻦﻣ مﺪﺨﺘﺴﯾ تﻻﺎﺤﻟا تﺎﻧﺎﯿﺒﻟا ﻞﯿﻠﺤﺗو ﺔﯾدﺮﻔﻟا تﻻﺎﺤﻟا تﺎﻧﺎﯿﺑ ﻞﯿﻠﺤﺗ ﻰﻠﻋ تﺎﻧﺎﯿﺒﻟا ﻞﯿﻠﺤﺗ ﻢﺘﯾ ﻢﺛ .ﻖﯿﺛﻮﺘﻟاو ،ﺔﻠﺑﺎﻘﻤﻟاو ،ﺔﻈﺣﻼﻤﻟا ،ﻦﯿﻤﻠﻌﻤﻟاو ، ﺔﺳرﺪﻤﻟا ﺐﺋﺎﻧو ، ﺔﺳرﺪﻤﻟا ﺲﯿﺋر :ﻲھ ﺚﺤﺒﻟا اﺬھ ﻲﻓ تﺎﻧﺎﯿﺒﻟا ردﺎﺼﻣ نأ ﻦﯿﺣ ﻲﻓ .ﺔﻋﻮﻨﺘﻤﻟا بﻼﻄﻟاو ءﺎﺑﻵاو ،ﺔﯿﺳرﺪﻤﻟا نﺎﺠﻠﻟاو ﻦﯾﺬﻟا ﻦﯿﺟﺮﺨﺘﻣ ﻲﻠﻋ ﻞﺼﺤﯾ رﺎﺗﻮﻜﻟا ﺔﯿﻟﺎﻌﻟاﺔﺳرﺪﻤﺑ ﻦﯿﺠﯾﺮﺨﻟا ةءﺎﻔﻛ ﺮﯿﯾﺎﻌﻣ ﻲﻓ نﺎﻛ،ًﻻوأ ,ثﻮﺤﺒﻟا هﺬھ ﺞﺋﺎﺘﻧو ﺔﺳرﺪﻣ ﻦﻤﻨﯿﺻﻮﺼﺨﻤﻟا ﻦﯿﺟﺮﺨﺘﻤﻟاو ,ﺔﯿﻠھﻻا ﺔﻌﻣﺎﺠﻟا و ﺔﯿﻣﻮﻜﺤﻟا تﺎﻌﻣﺎﺠﻟا ﻲﻓ ﺔﺳارﺪﻠﯿﺼﺤﺗ ﻰﻠﻋ نورﺪﻘﯾ ﻲﻠﻋ ﺐﺠﯾ .ﺪﺣاو ءﺰﺟ ﻦﻋ ﻞﻘﯾ ﻻ ﺎﻣ مﺎﻌﻟا ﻦﯿﺟﺮﺨﺘﻤﻟا ﻦﻣو ﻦﯿﺜﻟﺎﺛ اءﺰﺟ نﻮﻈﻔﺤﯾ ﺞﻧﻮﺒﻣﻻ رﺪﻨﺑرﺎﺗﻮﻜﻟا ﺔﯿﻟﺎﻌﻟا .ﺔﯿﺴﻧﺮﻔﻟا / ﺔﯿﻧﺎﻤﻟﻷاو ﺔﯿﺑﺮﻌﻟاو ﺔﯾﺰﯿﻠﺠﻧﻹا ﻲھو تﺎﻐﻟ ثﻼﺛ ﺮﮭﻤﯾ نا ﺞﻧﻮﺒﻣﻻ رﺪﻨﺑرﺎﺗﻮﻜﻟا ﺔﯿﻟﺎﻌﻟا ﺔﺳرﺪﻣ ﻦﯿﺟﺮﺨﺘﻣ ﻢﮭﻟو ةزﺎﺘﻤﻣ ﺔﯿﻤﯾدﺎﻛأ ﺮﯿﯾﺎﻌﻣ ﻢﮭﻟ ﻦﯿﺟﺮﺨﺘﻣ ﻲﻠﻋ ﻞﺼﺤﯾ ﺮھزﻷا ﺔﯿﻟﺎﻌﻟاﺔﺳرﺪﻤﺑ ﻦﯿﺠﯾﺮﺨﻟا ةءﺎﻔﻛ ﺮﯿﯾﺎﻌﻣ ﺎﻣأو ﺞﺋﺎﺘﻧ تﺬﻔﻧ ،ًﺎﯿﻧﺎﺛ.اﺪﺣاو ﺎﺋﺰﺟ ﻞﻗﻷا ﻰﻠﻋ وأﺎﺋﺰﺟ نﻮﺛﻼﺛ ﻆﻔﺤﯾ نا ﺐﺠﯾ ﻢھو ,ﺎًﻀﯾأ ةﺪﯿﺟ ﺔﯿﻤﯾدﺎﻛأ ﺮﯿﻏ ﺮﯿﯾﺎﻌﻣ ﻰﻠﻋ ٢٠١٣ مﺎﻌﻟ ﻲﺳارﺪﻟا ﺞﮭﻨﻤﻟا نﺎﻘﺒﻄﯾ ﺮھزﻷاﺔﯿﻟﺎﻌﻟاﺔﺳرﺪﻣو رﺎﺗﻮﻜﻟا ﺔﯿﻟﺎﻌﻟاﺔﺳرﺪﻣ ﻲﻓ ىﻮﺘﺤﻤﻟا ﺮﯿﯾﺎﻌﻣ ﻞﯿﻠﺤﺗ ﺞھﺎﻨﻤﻟا ﺬﯿﻔﻨﺗ ﻲﻓ ﺔﺑﺮﺠﺘﻛ ﺔﺳرﺪﻤﻟا ﻦﯿﯿﻌﺗ ﻢﺗ ﻚﻟاﺬﻛ .ﺮﺸﻋ ﻲﻧﺎﺜﻟﺎﻔﺼﻟاو ﺮﺸﻋ يدﺎﺤﻟا ﻒﺼﻟاو ﺮﺷﺎﻌﻟا ﻒﺼﻟا ﺔﺳرﺪﻣ ﺲﯿﺋر رﺎﺗﻮﻜﻟا ﺔﯿﻟﺎﻌﻟا ﺔﺳرﺪﻣ ﺲﯿﺋر ﺮﯾﺪﻣ ،ًﺎﺜﻟﺎﺛ .٢٠٢٠/٢٠١٩ ﻲﺳارﺪﻟا مﺎﻌﻟا ﻲﻓ ٢٠١٣ مﺎﻌﻟ ﺔﯿﺳارﺪﻟا ﺔﯿﻧﻮﯾﺰﻔﻠﺘﻟا ﺮﺋاوﺪﻟا ﺎﯿﺟﻮﻟﻮﻨﻜﺗ تاودأ ماﺪﺨﺘﺳﺎﺒﻤﯿﻠﻌﺘﻟاﺬﯿﻔﻨﺗ و ،ﺬﯿﺗﺎﺳﻻا ﻢﯿﻠﻌﺗ ﻲﻓ ناﺪھﺎﺸﯾ و نﺎﺸﺘﻔﯾ ﺔﯾﺮھزﻷا ﺔﯿﻟﺎﻌﻟا ﻞﻛو ةدﺎﻣ ﻞﻜﻟ ﻢﯿﻠﻌﺘﻟا مﺎﻤﺗإ ﻦﻣ ًﺎﻔﻠﺘﺨﻣ اﺪﺣ دﺪﺤﺗ رﺎﺗﻮﻜﻟاﺔﯿﻟﺎﻌﻟا ﺔﺳرﺪﻣ ﻲﻓ ﻢﯿﯿﻘﺘﻟا رﺎﯿﻌﻣ دﺪﺤﯾ ،ًﺎﻌﺑار .ﺔﻘﻠﻐﻤﻟا ﺮﯿﯾﺎﻌﻣ مﺎﻈﻧو ﺔﻣﻮﻜﺤﻟا ﻢﯿﯿﻘﺘﻟا ﺮﯿﯾﺎﻌﻣ مﺎﻈﻧ ﻲﻠﻋ ﻲﺳﺎﯿﻘﻟا ﻢﯿﯿﻘﺘﻟا مﺎﻈﻧ ﻊﺒﺘﯾ ﺮھزﻷا ﺔﯿﻟﺎﻌﻟا ﺔﺳرﺪﻣ ﻲﻓو .ىﻮﺘﺴﻣ K-13.ﺔﯿﺳارﺪﻟا ﺞھﺎﻨﻤﻟا ﻢﯿﯿﻘﺗ ﻲﻠﻋ ﻖﺒﻄﯾ ﻚﻟاﺬﻛو .ﺔﺴﺳﺆﻤﻟا ﻢﯿﯿﻘﺘﻟا ةﺪﯿﺠﻟا ﻢﯿﻠﻌﺗ ,ﺔﺳرﺪﻤﻟا ﺲﯿﺋر رود : ﮫﯿﺴﯿﺋﺮﻟا تﺎﻤﻠﻜﻟا

Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Magister > S3 Program Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Oct 2021 02:52
Last Modified: 13 Oct 2021 02:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15987

Actions (login required)

View Item View Item