ANALISIS MEDIA PROMOSI INSTAGRAM TERHADAP OMZET USAHA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Rumah Makan Nasi Jamblang Mama Ocha)

Shovia, Camilia Salsabilla (2021) ANALISIS MEDIA PROMOSI INSTAGRAM TERHADAP OMZET USAHA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Rumah Makan Nasi Jamblang Mama Ocha). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Bab I & II Shovia.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SHOVIA CAMILIA SALSABILLA_1751010133 + turnitin.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya perkembangan zaman yang terjadi saat ini dan berdampak pada kemajuan teknologi, kemajuan telekomunikasi, dan pendapatan ekonomi. Kemajuan di bidang teknologi yaitu sosial media yang dapat digunakan sebagai media promosi pada suatu usaha yang bertujuan untuk memperluas cakupannya dalam jual beli salah satunya adalah media promosi instagram. Rumah makan nasi jamblang Mama Ocha juga ikut memanfaatkan instagram sebagai media promosi. Penggunaan media instagram yang diharapkan dapat meningkatkan penjualan dengan memperbesar omzet ternyata tidak berdampak kepada kenaikkan penjualan sehingga tidak mengalami peningkatan pada omzet rumah makan dari permasalahan tersebut maka penulis tertarik untuk meneliti dengan latar belakang penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Instagram sebagai media promosi tidak menyebabkan kenaikkan pada omzet rumah makan ditunjukkan dengan tidak ada kenaikkan pada jumlah pengikut (followers), tidak ada kenaikkan pada jumlah yang menyukai (like), tidak adanya pengguna Instagram yang memesan melalui Direct Message dan tidak adanya komentar pada akun Instagram @nasijamblangmamaocha. Dalam sudut pandang ekonomi islam rumah makan nasi jamblang Mama Ocha telah sesuai dengan ekonomi islam yaitu sesuai dengan yang Rasullullah ajarkan, sehingga konsumen tidak perlu takut tertipu bertransaksi dengan Rumah Makan nasi jamblang Mama Ocha. Selain itu pelaksanaan penjualan Rumah Makan pun telah sesuai dengan konsep Ekonomi Islam seperti jujur dan menghindari promosi yang palsu, tidak menyembunyikan kecacatan makanan dan menepati janji. Kata Kunci: Instagram, Omzet, Promosi iiiABSTRACT This research is motivated by the current developments and has an impact on technological progress, telecommunications progress, and economic income. Advances in technology, namely social media that can be used as promotional media in a business that aims to expand its scope in buying and selling, one of which is Instagram promotion media. Mama Ocha's jamblang rice restaurant which is located on Jl. Arif Rahman Hakim also uses Instagram as a promotional medium. The use of Instagram media which is expected to increase sales by increasing turnover does not have an impact on increasing sales so that there is no increase in restaurant turnover from this problem, the authors are interested in researching with a research background. This research is a field research with a qualitative descriptive approach, the data used are primary and secondary data. With data collection techniques in the form of interviews, observations, questionnaires, and documentation. The results of this study indicate that the use of Instagram as a promotional medium does not cause an increase in restaurant turnover as indicated by no increase in the number of followers (followers), no increase in the number of likes, no Instagram users ordering via Direct Message and there are no comments on the Instagram account @nasijamblangmamaocha. From an Islamic economic point of view, Mama Ocha's jamblang rice restaurant is in accordance with Islamic economics, which is in accordance with what Rasulullah taught, so consumers do not need to be afraid of being tricked into transacting with Mama Ocha's jamblang rice restaurant. In addition, the implementation of restaurant sales is also in accordance with Islamic economic concepts such as being honest and avoiding fake promotions, not hiding food defects and keeping the promises of this concept. Keywords: instagram, turnover, promotion

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Oct 2021 05:01
Last Modified: 12 Oct 2021 05:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15977

Actions (login required)

View Item View Item