PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAQ KELAS VIII DI MTS HIDAYATUL KHAIR PEKURUN UDIK LAMPUNG UTARA

Turina, Sapitri (2021) PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAQ KELAS VIII DI MTS HIDAYATUL KHAIR PEKURUN UDIK LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAQ KELAS VIII DI MTS HIDAYATUL KHAIR PEKURUN UDIK LAMPUNG UTARA Oleh TURINA SAPITRI Salah satu factor rendahnya hasil belajar akidah akhlak adalah kurang tertariknya peserta didik terhadap pembelajaran akidah akhlak. Pada pembelajaran akidah akhlak peserta didik kurang merespon dan berpikir kritis terhadap penyempaian materi pembelajaran. Sehingga menyebabkan kurangnya pemahaman akidah akhlak yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik, untuk mengatasi hal tersebut peneliti memilih metode brainstorming agar peserta didik terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh metode brainstorming terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII Di MTs Hidayatul Khair Pekurun Udik Lampung Utara. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan Kuantitatif dan jenis penelitian quasi eksperiment dengan bentuk desain non- equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di MTs Hidayatul Khair yang terdiri dari tiga kelas yaitu kelas VIII A, kelas VIII B, dan kelas VIII C dengan jumlah peserta didik 62 orang sedangkan sampel yang diambil adalah kelas VIII A 22 peseta didik sebagai kelas Kontrol dan VIII B 21 peserta didik sebagai kelas Eksperimen. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan menggunakan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji independent sampel test adalah = 3.244 > = 0,002 dengan demikian ditolak dan diterima. Maka berdasarkan kriteria pengujian dapat dikatakan bahwa metode brainstorming berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII Di MTs Hidayatul Khair Pekurun Udik Lampung Utara. Kata Kunci: Metode Brainstorming, Hasil Belajar, Akidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:27
Last Modified: 11 Oct 2021 04:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15970

Actions (login required)

View Item View Item