UPAYA MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA PENYANDANG TUNANETRA DI UPTD PELAYANAN DAN REHABILITASI SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS DINAS SOSIAL PROVINSI LAMPUNG

CHIKA, HANI RAMADHANTY (2021) UPAYA MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA PENYANDANG TUNANETRA DI UPTD PELAYANAN DAN REHABILITASI SOSIAL PENYANDANG DISABILITAS DINAS SOSIAL PROVINSI LAMPUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PE3RPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BABA 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penyandang tunanetra adalah salah satu sasaran garapan pembangunan bidang kesejahteraan sosial yang tidak dapat melaksanakan fungsinya secara wajar baik penyandang tunanetra secara individu, kelompok, maupun masyarakat. Penelitian ini untuk mengetahui upaya mengembangkan kemandirian melalui layanan bimbingan dan konseling pada penyandang tunanetra di UPTD PRSPD Dinas Sosial Provinsi Lampung. Masalah yang terjadi di UPTD PRSPD Dinas Sosial Provinsi Lampung yaitu remaja tunanetra kurangnya percaya diri, sehingga sulit untuk bersosialisasi, berkomunikasi dengan sesama. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan konstribusi ilmiah dalam upaya memperkaya kepustakaan sebagai bahan untuk memperluas wawasan dan pengetahuan bagi penulis tentang masalah yang dikaji khususnya pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) menurut sifatnya penelitian ini bersifat deskritif dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria sampel terdiri dari 6 orang diantaranya remaja tunanetra 5 orang, dan pembimbing 1 orang. Objek yang dipilih adalah UPTD PRSPD Dinas Sosial Provinsi Lampung. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun proses metode bimbingan dan konseling dilakukan dengan 5 tahapan yaitu tahap pra konseling, tahap permulaan, tahap transisi, tahap kerja, tahap akhir. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sangat membantu penyandang tunanetra karena kurang mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Dengan pertolongan, bimbingan, pendampingan, pengarahan maka penyandang tunanetra tidak merasa terabaikan. Dengan adanya pembimbing juga membantu penyandang tunanetra dalam melanjutkan hidupnya secara tertata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:38
Last Modified: 07 Oct 2021 04:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15955

Actions (login required)

View Item View Item