ANALISIS EKONOMI KREATIF DALAM MENGURANGI PENGANGGURAN TERDIDIK MENURUT PRESPEKTIF ISLAM (Studi Sub-Sektor Kuliner Di Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung)

Sih, Astutik (2021) ANALISIS EKONOMI KREATIF DALAM MENGURANGI PENGANGGURAN TERDIDIK MENURUT PRESPEKTIF ISLAM (Studi Sub-Sektor Kuliner Di Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1,BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of COVER BAB 1,BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pengangguran adalah masalah perekonomian yang disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan antara jumlah angkatan kerja dengan besarnya kesempatan kerja. Sedangkan pengangguran terdidik adalah angkatan kerja yang telah menyelesaikan pendidikannya pada tingkat SLTA sederajat. Di Bandar Lampung angka pengangguran terdidik masih tinggi, hal tersebut dapat dilihat pada tabel I jumlah pengangguran terdidik di Kota Bandar Lampung tahun 2019. Secara teori ekonomi kreatif dianggap mampu mengatasi pengangguran, karena mampu menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan pendapatan, menurunkan tingkat kesenjangan sosial, dan mendorong pembaruan teknologi. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah, bagaimana pemanfaatan ekonomi kreatif dan bagaimana peran pelaku usaha ekonomi kreatif dalam mengurangi pengangguran terdidik dalam prespektif ekonomi Islam. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana pemanfaan ekonomi kreatif dan bagaimana peran pelaku usaha ekonomi kreatif sub�sektor kuliner dalam mengurangi pengangguran terdidik menurut prespektif Islam di Kecamatan Sukarame. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yang bersifat deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha kuliner yang berada di Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung, penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Simple Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan ekonomi kreatif sub-sektor kuliner sangat beragam diantaranya kreasi tempat, menu, fasilitas, dan pemanfaatan teknologi, yang bertujuan untuk menarik minat konsumen dan mampu bersaing dengan usaha sejenis. Ekonomi kreatif sub-sektor kuliner mampu mengurangi pengangguran, dan meningkatkan pendapatan, hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan inovasi dan menerapkan sistem strategi pemasaran 4p product (produk), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi). Peran pelaku usaha dalam mengurangi pengangguran dalam prespektif ekonomi Islam, dengan menerapkan prinsip etika bisnis Islam, prinsip tolong menolong (ta’awun) dan menjual makanan yang halal dan aman. Kata Kunci : Pengangguran Terdidik, Ekonomi Kreatif, dan Sistem Strategi Pemasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Oct 2021 04:01
Last Modified: 07 Oct 2021 04:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15950

Actions (login required)

View Item View Item