PENERAPANKONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENGURANGIPERILAKU MEMBOLOS PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 01 GUNUNG AGUNG KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT

PRAMESTI, ALDIA PUTRI (2021) PENERAPANKONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK DISKUSI UNTUK MENGURANGIPERILAKU MEMBOLOS PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 01 GUNUNG AGUNG KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perilaku membolos bukan hal baru lagi dalam dunia pendidikan karena keberadaannya saat ini masih menjadi salah satu faktor kegagalan peserta didik dalam belajar. Akan tetapi, ada sebagian peserta didik kelas XI di SMA Negeri 01 Gunung Agung yang tidak menyadari terdapat dampak negatif dari perilaku membolos tersebut sehingga perlu upaya untuk mengurangi perilaku membolos melalui konseling kelompok dengan teknik diskusi. Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Penerapan Konseling Behavioral dengan Teknik Diskusi dapat Mengurangi Perilaku Membolos Pada Peserta Didik Kelas XI Di SMA Negeri 01 Gunung Agung Kabupaten Tulang Bawang Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Subyek dalam penelitian ini berjumlah 6 orang peserta didik kelas XI di SMA Negeri 01 Gunung Agung yang memiliki tingkatan perilaku membolos tinggi. Berdasarkan hasil dari pemberian layanan melalui konseling kelompok dan dengan melaksanakan dua kali siklus pada penelitian ini dapat mengurangi perilaku membolos dari peserta didik yang menjadi subyek penelitian. Dari tingkat membolos yang tinggi menjadi rendah dan menunjukan perubahan yang cukup positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Oct 2021 03:15
Last Modified: 07 Oct 2021 03:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/15945

Actions (login required)

View Item View Item